PERAN GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA

Authors

  • Getrudis Ema Kleden Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21992

Keywords:

Guru, Karakter, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peran guru dalam penguatan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitin kualitatif dengan metode studi  pustaka. Peran guru dalam penguatan karakter siswa di lingkungan sekolah sangat diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki tiga peran penting dalam penguatan karakter siswa, yaitu, 1) peran guru sebagai pendidik, dimana guru hadir sebagai sosok yang memiliki kompetensi, kemampuan, serta ketrampilan untuk mengaitkan materi pelajaran dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Guru sebagai pembimbing, motivator, penasihat dalam perilaku hidup berkaitan dengan pandangan hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup baik secara individu maupun dalam kelompok dan lingkungan sekitar;  2) peran guru sebagai pengajar. Guru sebagai pengajar, pelatih, pembimbing, serta evaluator  untuk membentuk dan menilai perolehan peringkat keberhasilan dalam pembelajaran secara kognitif serta karakter siswa;  dan 3) peran guru sebagai pelatih. Guru sebagai pengajar, pelatih, pembimbing, serta evaluator yang dapat membentuk dan menguatkan karakter siswa sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dimana siswa mampu berpikir kritis, berwawasan cerdas, berlaku sopan, dan memiliki ketrampilan yang diharapkan, serta menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

References

Agustin, I.T and Nafiah, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 4 (2). https://doi.org/. DOI:https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i2.1122.

Ahmad & Nurmaya Medopa. 2022. Profesionalisme Guru Membangun Karakter Siswa. Guru

Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. p-ISSN : 2623-2359. e-ISSN : 2623-2340 Vol. 3, No. 1, Mei 2020, hal. 1-6,

Fauzi, F.Y., Arianto, & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Perserta Didik. Jurnal PPKn UNY Online. Vol., 1(2), 1–14.

Koesoema, A. D. (2018). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Mansur, M. (2012). Pendidikan Karakter Menjawab Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Milya Sari, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Mirshad, Z. (2014). Persamaam Model Pemikiran al-Ghaza dan Abraham Maslow tentang Model Motivasi Konsumsi. UIN Sunan Ampel Surabaya. Tesis tidak diterbitkan.

Muhamasda. (2020). Membahas Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar. Muhamasda (2020) Membahas Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Model UNM Online Journal.Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnasfisika/Article/View/14378.

Nopan, Omeri. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer

Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468.

Palunga, R. dan M. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1).

Sahrowi, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter. Serang, Banten: UIN SMH Banten. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Sidiq, U. (2018). Etika dan Profesi Keguruan,. Tulungagung: Penerbit STAI [Sekolah Tinggi Agama Islam] .

Suparno, P. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Wally, M. (2021). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam:, 10(1).

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran, Ainara. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66.

Yusuf, I. F. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Karakter Kerja Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Magelang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.Tidak diterbitkan.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 39 Ayat (1).

UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (BAB I pasal 1.

https://www.websitependidikan.com/2017/01/5-nilai-utama-karakter-pada-penguatan-pendidikan-karakter-ppk-sebagai-poros-perbaikan-pendidikan-nasional-menurut-mendikbud.html. (2017).

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Getrudis Ema Kleden. (2023). PERAN GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2516–2519. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21992