EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI SAINS PADA POKOK BAHASAN MATERI MASSA JENIS

Authors

  • Kevin Cahya A.U Universitas Jember
  • Rendy Setiawan Universitas Jember
  • Lia Sandra Parwatiningsih Universitas Jember
  • Nila Mutia Dewi Universitas Jember
  • Bambang Supriadi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21968

Keywords:

Aplikasi canva, literasi sains, media pembelajaran

Abstract

Globalisasi adalah suatu proses dimana  perubahan tatanan sosial di masyarakat terjadi di seluruh dunia dan tidak  mengenal adanya batas waktu, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi bukti dari globalisasi. Pesatnya perkembangan tersebut juga dipengaruhi oleh pendidikan, yang mana pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar dan belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan. Tujuan kegiatan penelitian ini adalah mengkaji efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Materi Massa Jenis kepada siswa sekolah menengah pertama. Dasar metode penelitian ini adalah metode service learning (SL). Hasil kegiatan penelitian ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar literasi sains sebelum dan sesudah adanya perlakuan, rata-rata hasil belajar literasi sesudah perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum diberi perlakuan. Nilai Sig. (2-tailed) 0,000 , 0,05, maka dapat dijelaskan terdapat perbedaan yang signifikan dari sebelum diberi perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (Postest). Nilai rata-rata N-gain Score 0,7940 > 0,7 artinya kategori yang diperoleh adalah tingkat efektivitasnya tinggi. Sedangkan nuntuk nilai N-gain diperoleh nilai sebesar 79,40% sehingga dapat dikatakan bahwa Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Materi Massa Jenis efektif.

References

Alwi. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 GU. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2), 180–189.

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868.

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 375–385.

Anjarsari, L. A., Surtono, A., & Supriyanto, A. (2015). Desain Dan Realisasi Alat Ukur Massa Jenis Zat Cair Berdasarkan Hukum Archimedes Menggunakan Sensor Fotodioda. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, 3(2).

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329-335

Bopo, G., Ngura, E. T., & Fono, Y. M. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERHITUNG PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 468–480.

Dian Aulia Inzani, Sri Ashrini AR, Nur Halisa, Latifah Asmil Fauzi, Muh. Rahmat, Muh.Syukur, Muhammad Sofyan, F. N. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran. Journal Lepa-Lepa …, 1, 143–151.

Evans, J., Yasukawa, K., Mallows, D., & Creese, B. (2017). Numeracy skills and the numerate environment: Affordances and demands. Adults Learning Mathematics: An International Journal, 12(1), 17-26.

Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Using Canva to Support Online Learning Media for Students at Mahardika Karangploso Vocational School in Malang during the Pandemic Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–82.

Giancoli, Douglas C. (2001). Fisika Jilid I Terjemahan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem pendidikan nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39-45.

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi sirkulasi darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5-9.

Marianda, G., Johar, A., & Risdianto, E. (2014). Rancang bangun media pembelajaran berbasis multimedia interaktif konsep gaya pada mata pelajaran Fisika SMP kelas VIII. Rekursif: Jurnal Informatika, 2(2).

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya literasi sains pada pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24-29.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rahma, A. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy, 8(2), 47–51.

Rahman, L., & Silaban, R. (2021). Analisis Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Pada Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Analysis of the Effectiveness of Using Zoom Applications in Online Chemistry Learning in the Covid-19 Pandemic. Prosiding Seminar Nasional Kimia 2021 Jurusan Kimia FMIPA UNMUL, 2, 99–102.

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2), 143.

Sogen, D. E., Lawotan, Y., & Hero, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas II SD Inpres Belang. Journal on Education, 5(3), 6492–6599.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.

Zidny, R., Solfarina, S., Aisyah, R. S. S., & Eilks, I. (2021). Exploring indigenous science to identify contents and contexts for science learning in order to promote education for sustainable development. Education Sciences, 11(3), 114

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Cahya A.U, K. ., Setiawan, R. ., Parwatiningsih, L. S. ., Dewi, N. M. ., & Supriadi, B. . (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI SAINS PADA POKOK BAHASAN MATERI MASSA JENIS . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4119–4127. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21968