FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS DAN SIKAP SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP KIMIA

Authors

  • Novrita Mulya Rosa Universitas Indraprasta PGRI
  • Fatwa Patimah Nursa’adah Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21688

Keywords:

Faktor-faktor Psikologis, Sikap Siswa, Pemahaman Konsep Kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh faktor-faktor psikologis dan sikap siswa terhadap pemahaman konsep kimia. Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari sumber-sumber tertulis seperti buku, jurnal, dan artikel. Metode penelitian perpustakaan, atau sering disebut metode penelitian kepustakaan, dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari sumber-sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen lainnya yang tersedia di perpustakaan. Faktor-faktor psikologis, seperti motivasi, minat, dan persepsi, dieksplorasi bersamaan dengan analisis sikap siswa terhadap mata pelajaran kimia. Hasil menunjukkan adanya korelasi positif antara motivasi intrinsik dan pemahaman konsep kimia, serta dampak signifikan sikap siswa terhadap proses pembelajaran. Pembahasan mencakup implikasi untuk perancangan strategi pembelajaran yang lebih mendukung dan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum kimia. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kimia di tingkat sekolah menengah.

References

Amaliyah, S. (2019). (2019). Hubungan Kecemasan Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa (Bachelor’s Thesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta). (Bachelor’s Thesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).

Anggrayni, Y. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pengawetan Di Smk Negeri 1 Pandak, Bantul, Di Yogyakarta (Studi Kasus Smk Negeri 1 Pandak Kelas X Teknologi Hasil Pertanian 1). Sereal Untuk, 51(1), 51.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103–111.

Devi, K. S., & Suwena, K. R. (2017). Faktor Psikologis Dan Faktor Organisasi Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bpr X. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 24–33.

Emda, A. (2019). Motivasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Kimia. Lantanida Journal, 7, 1. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V7i1.3712

Gusmentari, S. (2014). Sikap Ilmiah Siswa Kelas Iv C Dalam Pembelajaran Ipa Di Sd Muhammadiyah Condongcatur. Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa Sman 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264–270.

Junaidi, E., Hakim, A., Hadisaputra, S., Anwar, Y. A. S., & Sofia, B. F. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Melalui Implementasi Konsep Kimia Dalam Bentuk Permainan Sederhana Di Sman 4 Praya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2), 121–126.

Nadeak, T. E. Y. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Sikap Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2).

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku Ajar Praktis Cara Membuat Penelitian. Pantera Publishing.

Putri, A. A., Saputro, S., & Ashadi, A. (N.D.). Hubungan Sikap Ilmiah Dan Motivasi Berprestasi Dengan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 94–100.

Rahmawati, R., Hasan, M., & Gani, A. (2014). Meningkatan Motivasi Dan Penguasaan Konsep Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa Dengan Metoda Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education), 2(1), 65–74.

Ramadhani, L. (2022). Hubungan Persepsi Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Secara Daring Terhadap Prestasi Belajar Materi Stoikiometri Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Sukoharjo.

Rosa, N. M. (2015). Pengaruh Sikap Pada Mata Pelajaran Kimia Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 2(3).

Sari, D. P. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning.

Sari, F. R. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di Smk Multi Mekanik Masmur. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sudyana, I. N. (2009). Implikasi Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Mengatasi Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Jpp), 12(1).

Sumardiningsih, S., Swastikasari, E., Sudarko, M. H. D. R. A., Suharso, M. S., & Kuswanto, H. (N.D.). Universitas Negeri Yogyakarta Oktober, 2011.

Susianti, E. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3, 198–208. Https://Doi.Org/10.51878/Secondary.V3i2.2240

Titin, I. (2023). Identifikasi Dampak Motivasi Belajar Kimia Terhadap Hasil Belajar Di Sma Kabupaten Lampung Timur Menggunakan Teknik Analisis Faktor.

Vanya Karunia Mulia Putri. (2023). Pengertian, Aspek, Indikator, Dan Faktornya. Https://Www.Kompas.Com/Skola/Read/2023/10/19/110000469/Dinamika-Psikologis--Pengertian-Aspek-Indikator-Dan-Faktornya?Page=All.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Rosa, N. M. ., & Nursa’adah, F. P. . (2023). FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS DAN SIKAP SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP KIMIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2211–2215. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21688