PROSES PENANGANAN MUATAN MINYAK JERIGEN DIDALAM KON PADA PT. SAMUDERA LAUTAN LUAS MEDAN

Authors

  • Agung Kuncoro Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Dafid Ginting Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21599

Keywords:

Kontainer, Minyak Jerigen

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana perusahaan pelayaran PT. Samudera Lautan Luas menangani muatan berjenis minyak jerigen.  Penulis berharap dengan dibuatnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis untuk dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan dan praktek dalam bentuk sebuah pengamatan yang ilmiah, khususnya dalam memahami tentang Proses Penanganan Muatan Minyak Jerigen di didalam kontainer bagi perusahaan PT. Samudera Lautan Luas Medan.  Dalam mengumpulkan data untuk penulisan makalah penulis menggunakan dua metode yaitu metode kepustakaan (Library Research) dan metode lapangan (Field Study).  proses penanganan muatan minyak jerigen didalam kontainer dimulai dari marketing mencari costomer yang sesuai dengan jasanya. Ketika mendapatkan customer pihak  marketing menghubungi pihak Operasional untuk melakukan pemuatan minyak jerigen dipabrik shipper. Shipper mengirimkan Performa Shipping Instruction kemudian oprasional forwarder mengirimkan Delivery Order, seal agar dapat melakukan penarikan kontainer. sebelum penarikan, pihak surveyor melakukan pengecekan kondisi kontainer yang akan digunakan dengan sangat teliti, akan tetapi ketika dipabrik pihak oprasional mendapat kondisi kontainer memliki plat lebih sehingga pemuatan tidak optimal. Oleh karena itu pemuatan akan tetap dilakukan dikarenakan waktu free time dan clossing time sudah dekat dengan jadwal, disarankan ketika pemilihan kontainer agar lebih sangat teliti terhadap kontainer yang akan digunakan agar tidak terjadi kerugian dalam hal pemuatan, sehingga pemuatan dapat dilakukan secara efektif dan efesien.

References

AGUNG, F. (2019). Proses Pelaksanaan Pemuatan Dan Pengaturan Barang Ke Dalam Container (Stuffing) PT. Rimo Transport Expressindo Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Karya Tulis.

Dirhamsyah, D. (2023). Peranan freight forwarding dalam proses pengiriman barang ekspor melalui transportasi laut pada pt. Kemasindo cepat medan. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 12(1), 52-58.

Ernawati, E. (2011). Proses Pemuatan Barang Ke Dalam Container (Stuffing) Pada CV. Manggala Java Art Di Klaten.

Ginting, D. (2021). Penanganan pengangkutan barang melalui container pada pt. Elang sriwijaya perkasa palembang. Agriprimatech, 5(1), 23-30.

Ginting, D., & Siska, E. (2021). Prosedur Penerbitan Delivery Order Dalam Pengambilan Container Pada Pt. Perusahaan Pelayaran Nusantara Panurjwan Cabang Medan. Journal of Maritime and Education (JME), 3(1), 155-160.

International Standard Organization 6346, Freight Containers.

Ningsih, M. S. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Pengemasan Minyak Goreng Dalam Jerigen Menggunakan Metode Six Sigma Di PT. ABC. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Prima (JURITI PRIMA), 5(1), 17-28.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM. 83 Tahun 2016 Tentang. Penyelenggaraan Dan Pengusahaan Peti Kemas.

Siana, I. (2020). Upaya Penanganan Shortage Container Dalam Penyediaan Container Ekspor Oleh PT. ADIL BERKAH BERDIKARI. KARYA TULIS.

SANDY, S. F. (2021). Optimalisasi keselamatan kerja dalam penanganan muatan peti kemas dan peralatannya oleh pt. Rimo transport expressindo di pelabuhan tanjung emas semarang. Karya tulis.

Prof. Capt. Hananto soewedo, M.Mar (2014) Penanganan muatan kapal (cargo handling) dipelabuhan dan pelatannya.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Kuncoro, A. ., & Dafid Ginting. (2023). PROSES PENANGANAN MUATAN MINYAK JERIGEN DIDALAM KON PADA PT. SAMUDERA LAUTAN LUAS MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2817–2820. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21599