PENGGUNAAN MEDIA PAPAN SUSUN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I DI SD NEGERI BANJARSARI 5

Authors

  • Chika Nabila Mustika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Patra Aghtiar Rakhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokhmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21594

Keywords:

Membaca Permulaan, Papan Susun Kata

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas I di  SD Negeri Banjarsari 5 sehingga perlu dikembangkan dengan baik yaitu dengan memilih media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi secara mendalam terhadap kemampuan membaca permulaan serta penggunaan media papan susun kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I di SD Negeri Banjarsari 5 kemudian mendeskripsikan secara utuh sehingga menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IB Sd Negeri Banjarsari 5 sebanyak 35 siswa. Subyek dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan melalui media papan susun kata. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil  penelitian menunjukan  bahwa  siswa  menjadi  lebih  aktif  dan penuh semangat saat  menggunakan  media  papan susun kata sehingga  hasil  belajar  siswa  meningkat. Hal ini dapat dilihat ketika peserta didik kelas 1B lebih senang dengan alasan karena medianya ini disajikan dengan berbagai aneka gambar dan bermacam-macam warna sehingga mampu memikat daya tarik dan minat siswa.

References

Alqurnia, Q. (2022). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 2 METRO UTARA.

Condrosari, G. Y. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual anak usia 5-6 tahun di TK PKK Bener Kecamatan Tegalrejo. Pendidikan Guru Paud S-1, 6(4), 376-389.

Devi, N. S. (2022). Pengembangan Media Papan Kartu Suku Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas 1a MI YPSM Tawangrejo (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Harahap, M., F., O., Napitipulu, M., & Batubara, S., N. (2022). Teori dan Perspektif Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: CV Azka Pustaka.

Hartati, S. (2021). Senangnya Belajar Membaca Permulaan dengan Make a Match. UnisriPress.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).

Ismail, P. R. (2022, July). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPAN SUSUN KATA ANAK HEBAT (PASUKAN HEBAT)” PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN TEMA 6 SUBTEMA 3 BERBASIS SCRAMBLE DI KELAS I SDN 104607 SEI ROTAN. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.

Liana, D., & Ashari, S. (2023). Penerapan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(1), 61-67.

Melinia, S., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2019). Identifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada keterampilan membaca pemahaman. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 158-163.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Mustika, C. N., Rakhman , P. A. ., & Rokhmanah, S. (2023). PENGGUNAAN MEDIA PAPAN SUSUN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I DI SD NEGERI BANJARSARI 5. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3397–3404. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21594