PENGEMBANGAN TRAINER AIR CONDITIONING UNTUK PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI TEKNIK PENDINGINAN DAN TATA UDARA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Ristiani Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Nelson Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Mhd Wahyu Universitas Negeri Medan
  • Egia Pinem Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21583

Keywords:

Media, Trainer, Pembelajaran

Abstract

Pada metode pembelajaran masih memakai metode pembelajaran ceramah karena kurangnya media pembelajaran pada konsentrasi keahlian TPTU. Tidak ada media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran. Trainer di sekolah masih sangat biasa yaitu komponen yang ada pada trainer masih kurang lengkap untuk digunakan dalam praktik. Serta kurangnya perangkat pembelajaran seperti jobsheet.Penelitian ini menggunakan metode R&D, merujuk pada model ADDIE yang diadaptasi oleh Branch (2009). Ada lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah memahami proses pengambangan trainer Air Conditioning (AC) dan menilai kelayakan trainer tersebut melalui uji ahli media dan ahli materiSetelah diuji kelayakannya, menurut ahli media nilai rerata 82,6 dari nilai maksimal 84, terkategori sebagai "Sangat Layak" dengan persentase 98,3%. menurut ahli materi skor rerata 76 dari skor maksimal 80, maka dikategorikan "Sangat Layak" dengan persentase 95%. Respons siswa kelas XI TPTU terhadap produk juga menghasilkan nilai rerata 78,4 dari nilai maksimal 80, dengan kategori "Sangat Layak" dan persentase 98%. Respons positif pengguna terhadap media pembelajaran trainer Air Conditioning (AC) menunjukkan potensinya sebagai alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh guru selama proses pengajaran.

References

Ardiansyah, A. (2020). Rancang Bangun Trainer Air Conditioning Jenis Split Untuk Media Pembelajaran. Jurnal Rekayasa Mesin, 06(01), 35–41.

Arifin, H. M. (1991). Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. (Jakarta: Bumi Aksara).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta).

Gede Pradnya Wibawa, I., Gede Ratnaya, I., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Air Conditioner (Ac) Split Pada Mata Kuliah Teknik Pendingin. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(1), 1–9.

Nursusanto, U. (2016). Pengembangan Ac Trainer Sebagai Media Pembelajaran Sistem Instalasi Tata Udara Siswa Kelas Xi Smk N 1. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1–6. Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/

Pramudito, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Di Smk Muhammadiyah 1 Player. Jurnal Pendidikan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Bandung; Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung; Alfabeta.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan Ke26. Bandung; Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Simanjuntak, R. ., Sinaga, N. ., Wahyu, M. ., & Pinem, E. . (2023). PENGEMBANGAN TRAINER AIR CONDITIONING UNTUK PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI TEKNIK PENDINGINAN DAN TATA UDARA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2079–2087. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21583