PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG KONSTEKTUAL UNTUK SITUASI DARURAT KESEHATAN

Authors

  • Fini Widya Fransiska Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Weka Kusumastiti Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
  • Hutauruk Hutauruk Akademi Keperawatan Pemkab Tapanuli Utara
  • Akhmad Haqiqi Ma'mun Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Dwi Megista Putri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Zuhad Ahmad Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21579

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Kontekstual, Darurat Kesehatan, Studi Literatur, Validasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris yang kontekstual untuk situasi darurat kesehatan. Metode studi literatur digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan komunikasi spesifik selama krisis kesehatan, menganalisis literatur terkait, dan merancang materi pembelajaran berbasis temuan literatur. Materi yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli bahasa Inggris, ahli kesehatan, dan ahli pendidikan. Uji coba dilakukan dengan kelompok target untuk mengevaluasi efektivitas materi. Hasilnya menunjukkan bahwa materi pembelajaran ini berhasil meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dalam konteks darurat kesehatan.

References

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V10i1.723

Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.

Hanik, N. R., & Harsono, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Komparasi Yang Diintegrasikan Dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 114–122. Http://Journal.Univetbantara.Ac.Id/Index.Php/ Komdik%0ap-Issn

Hariawan, U., & Kafrawi, F. (2022). Manfaat Kepercayaan Diri Terhadap Keberhasilan Control Dalam Pertandingan Futsal. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(1), 234.

Harijanto, B., P, D. K., & Nova, B. P. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Proses Belajar Mengajar Online Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Student Centered Learning (Scl). Jurnal Informatika Polinema, 4(1), 17. Https://Doi.Org/10.33795/Jip.V4i1.139

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/14784

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741. Https://Doi.Org/10.31004/Joe. V6i1.2988

Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Karst?: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 96–102. Https://Doi.Org/10.46918/Karst.V3i1.546

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal On Education, 5(4), 12648–12658. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i4.2253

Riwayatiningsih, R., Wicaksono, A., Khoiriyah, K., Sulistyani, S., & Puji, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris Di Kediri Melalui Pelatihan Public Speaking. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 112–118.

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 6(1), 6261–6269.

Solicha, M. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kompetensi Dasar Menangkap Makna Pada Lirik Lagu Menggunakan Model Quantum Learning Dengan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Paguyangan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 15(3), 130–146.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V5i1.1062

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Fransiska, F. W. ., Kusumastiti, W. ., Hutauruk, H., Ma’mun, A. H. ., Putri, D. M. ., & Ahmad, Z. . (2023). PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG KONSTEKTUAL UNTUK SITUASI DARURAT KESEHATAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2039–2044. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21579