LAYANAN INFORMASI: HAMBATAN GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI BERBASIS BUDAYA JAWA

Authors

  • Ellya Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Suyitno Suyitno Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21465

Keywords:

Hambatan Guru, Pendidikan Seksual, Anak Usia Dini, Budaya Jawa

Abstract

Guru tidak sepenuhnya memahami keterampilan perlindungan diri dasar sebagai salah satu materi pendidikan seksual. Materi pendidikan seksual dalam masyarakat hanya membahas tentang bagian tubuh dan larangan untuk menyebutkan nama asli atau nama ilmiah alat kelamin karena hambatan agama dan budaya. Studi ini bertujuan untuk mengetahui masalah apa yang dialami oleh guru taman kanak-kanak dalam mengimplementasikan pendidikan seksual berbasis budaya Jawa pada anak usia dini. Studi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek diambil menggunakan sampling purposif dan data dikumpulkan melalui wawancara guru. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi masalah dalam menyampaikan pendidikan seksual pada anak usia dini, seperti kesulitan dalam menyebutkan nama asli alat kelamin, kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua, serta praktik seksual di sekolah yang tidak sesuai dengan praktik seksual di rumah. Ada kebutuhan akan layanan informasi lebih lanjut untuk menerapkan budaya Jawa dalam pendidikan seksual untuk anak usia dini.

References

Amirudin. (1 C.E.). Pendidikan Seksual Pada Anak Dalam Hukum Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(2017), 14–25. https://journal.unsika.ac.id

Amirudin, & Nirmala, I. (2018). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini Dalam Perspektif Hukum Islam. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 1(1), 51–66.

Arsa, N. M. R. A., Ujianti, P. R., & Astawan, I. G. (2021). Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. MPI, 2(1), 156–164.

Bakhtiar, N., & Nurhayati. (2020). Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini Menurut Hadist Nabi. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 36–44.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research (H. Salmon (ed.); Third Edit). SAGE Publications. https://books.google.co.id

Damayanti, M., Anni, C. T., & Mugiarso, H. (2018). Layanan Informasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1), 37–44. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i1.17879

Dela, V. L., Pardede, N., & Riyadi, S. (2022). Penerapan Layanan Informasi Tentang Seks Edukasi Menggunakan Teknik Fun Card Pada Anak Usia Dini. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(03), 103–109. https://doi.org/10.59086/jpm.v1i3.184

Firdausyi, A. N. (2019). Model Pendidikan Seks Pada Anak di TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 1(1), 149–164.

Hasni, U., & Suparno, S. (2019). Method of Sex Learning for Children 5-6 years. Conference: Proceedings of the International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018), 296(Icsie 2018), 330–334. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.60

Hikmah, S. (2017a). Mengantisipasi Kejahatan Seksual terhadap Anak melalui Pembelajaran “Aku Anak Berani Melindungi Diri Sendiri”: Studi di Yayasan Al-Hikmah Grobogan. SAWWA: Jurnal Studi Gender, 12(2), 187–206.

Hikmah, S. (2017b). Mengantisipasi Kejahatan Seksual Terhadap Anak Melalui Pembelajaran “Aku Anak Berani Melindungi Diri Sendiri”: Studi di Yayasan Al-Hikmah Grobogan. SAWWA: Jurnal Studi Gender, 12(2), 187–206. journal.walisongo.ac.id

Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232. https://doi.org/10.21009/JPUD.092

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. https://onesearch.id/Author/Home?author=Lexy+J.Moleong

Muftitama, A. (2017). The Concept of Sex Education in Context of Islamic Culture of Indonesia. International Journal of Advanced Research (IJAR), 5(10), 671–680.

Nadar, W. (2017). Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini. Yaa Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 1(2), 77–90. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.77-90

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan tentang Seks Dini pada Anak. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Pramono, R. B. (2017). Pendidikan Seksual Berbasis Budaya Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak di Indonesia. Pendekatan Integratif Pendidikan Seksual Dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia, 131–145. https://eprints.umk.ac.id

Rakhmawati, E., Aji, K. R., & Subandi. (2020). The Effect of Flashcard to Improve Children’s Protective Behavior Knowledge. Solid State Technology, 5(63), 2020. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/9253

Rakhmawati, E., Hadjam, N. R., & Khilmiyah, A. (2021). Penerapan Pendidikan Seksual “Ganti Baju” Pada Anak Usia Dini. Intuisi?: Jurnal Psikologi Ilmiah, 13(2), 197–210. https://doi.org/10.15294/intuisi.v13i2

Rakhmawati, E., Suyati, T., Suhendri, & Kusdaryani, W. (2020). Peran Orangtua Dalam Penguatan Materi Edukasi Seksualitas “Aku dan Kamu” Di TK Taman Belia Candi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Tahun 2020 “Inovasi Penelitian Di Masa Dan Pasca Pandemi,” 408–419. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/1295

Rianawati. (2017). Pendidikan Seks Anak dalam Mengantisipasi Perilaku LBGT. Raheema: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(1), 18–33. https://doi.org/10.24260/raheema.v3i1.557

Roqib, M. (2008). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. Insania, 13(2), 271–286. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/298

Santrock, J. W. (2019). Life-Span Development, Seventeenth Edition. In Life-span development, 7th ed. (Seventeent). McGraw-Hill Higher Education. https://lccn.loc.gov/2018012799

Santrock, J. W. (2020). A Topical Approach To Life-Span Development Tenth Edition (Tenth Edit). McGraw-Hill Education. http://library.lol/main/6a2f0e8237ee515cfd28a90e3d34e4b5

Sinaga, D., & Simorangkir, M. R. R. (2021). Understanding Early Sex Education through Image Story Media. International Journal of Recent Innovations in Academic Research, 5(8), 103–108. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4893%0Ahttp://repository.uki.ac.id/4893/3/TurnitinUnderstandingEarlySexEducationthroughImageStoryMed.pdf

Susanti, M., & Onan, F. (2022). Fungsi Layanan Informasi Dalam Memberikan Pemahaman Tentang Pelecehan Seksual Kepada Anak. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 13(1), 39–49. https://doi.org/10.15548/jbki.v13i1.4213

Susfita, N. (2018). Fenomena Kekerasan Seksual terhadap Anak di Bawah Umur dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam di Indonesia (Studi Kasus di Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Besar). Nurani, 18(2), 195–214. http://jurnal.radenfatah.ac.id

Suyati, T., Yulianti, P. D., & Rakhmawati, E. (2020). Validasi Komik Asertif Organ Reproduksi Seri “Bagian Tubuh”: (Prevensi Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini). AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.53627/jam.v6i2.3794

Tsuda, S., Hartini, S., Hapsari, E. D., & Takada, S. (2017). Sex Education in Children and Adolescents with Disabilities in Yogyakarta, Indonesia from a Teachers’ Gender Perspective. Asia-Pacific Journal of Public Health, 29(4), 328–338. https://doi.org/10.1177/1010539517702716

Walsh, K., Brandon, L., & Chirio, L. (2012). Mother–Child Communication about Sexual Abuse Prevention. Journal of Child Sexual Abuse, 21(4), 399–421. https://doi.org/10.1080/10538712.2012.675424

Yulianti, P. D., Suyati, T., Rakhmawati, E., & Chandra, A. (2019). The Development of Serial Assertive Comics about Reproduction Organs: Prevention Toward Early Child Sexual Abuse. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 16. https://doi.org/10.24127/gdn.v9i1.1624

Zhang, W., Chen, J., & Liu, F. (2015). Preventing Child Sexual Abuse Early: Preschool Teachers’ Knowledge, Attitudes, and Their Training Education in China. SAGE Open, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.1177/2158244015571187

Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kota Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 55–68. https://www.researchgate.net

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Rakhmawati, E. ., Fitriana, S. ., & Suyitno, S. (2023). LAYANAN INFORMASI: HAMBATAN GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI BERBASIS BUDAYA JAWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1895–1903. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21465