DEVELOPMENT OF E-LEARNING LEARNING MEDIA FOR MACHINE MAINTENANCE SUBJECTS USING GOOGLE SITES FOR STUDENTS OF WIJAYA PUTRA VOCATIONAL SCHOOL, SURABAYA

Authors

  • Muchamad Sudjada Cholilulloh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Atiqoh Atiqoh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hartono Hartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21432

Keywords:

ADDIE, Situs Google E-Learning, Pengembangan Media Pembelajaran,Perawatan Mesin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan situs e-learning Google. Jika pada proses belajar mengajar sebelumnya hanya menggunakan media konvensional seperti handbook atau manual book, maka penelitian ini digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran di SMK khususnya jurusan teknik kendaraan ringan otomotif. Berdasarkan hasil observasi peneliti diketahui bahwa sebagian besar siswa pada saat mengikuti pembelajaran pemeliharaan mesin kurang tertarik atau bosan dengan pembelajaran konvensional. Di sisi lain, kontribusi minat siswa dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar, sehingga peneliti perlu berinovasi mengembangkan media pembelajaran pemeliharaan mesin berbasis e-learning Google Sites. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementations-Evaluation). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKS Wijaya Putra Surabaya jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Tingkat kesesuaian situs Google dilihat berdasarkan validitas penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli desain. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh validator, uji validasi yang dinilai oleh ahli materi terhadap 3 aspek tersebut mempunyai rata-rata persentase aspek sangat baik sehingga media dapat digunakan. Kemudian hasil uji validasi dinilai oleh ahli media dari 3 aspek tersebut, rata-rata persentase aspek cukup baik sehingga media dapat dikategorikan sangat baik atau layak digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media ini dapat digunakan dan diimplementasikan di SMK Wijaya Putra Surabaya. Media pembelajaran ini digunakan untuk mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XII, teknik kendaraan ringan otomotif..

References

Auwallah, R., E, E., & Refianti, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Search Solve Create (Sscs) Pad Materi Bangun Datar Segi Empat Di Kelas Vii Smp Negeri Karang Dapo. Journal Of Mathematics Science And Education, 4(2). Https://Doi.Org/10.31540/Jmse.V4i1.1355

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(1). Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V1i2.537

Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Pemanfaatan Canva Untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi Smk Mahardika Karangploso Malang Di Masa Pandemi. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3). Https://Doi.Org/10.26811/Didaktika.V5i3.343

Hersandi, M., & Shafihan Rosyid, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (Lks) Dalam Bentuk Brosur Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah (Vol. 1, Issue 1).

Idzi’ Layyinnati. (2023). Pengembangan Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Literasi Di Sekolah Dasar Awal Untuk Memperlancar Membaca Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). Https://Doi.Org/10.37286/Ojs.V9i1.214

Karyati, A., & Rahmawati, Y. (2021). Pembelajaran Kanji Menggunakan Metode Flipped Classroom Dengan Media Online “Tanoshiijapanese.Com” Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Chi’e: Journal Of Japanese Learning And Teaching, 9(1). Https://Doi.Org/10.15294/Chie.V9i1.45468

Kuswanto, J. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Model Game Mata Pelajaran Penjaskes Kelas V. Jurnal Sitech?: Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(1). Https://Doi.Org/10.24176/Sitech.V2i1.3315

Martoni, A. (2023). Pengembangan Lks Ips Berbasis Cooperative Learning Tipe Stad Pada Materi Peta Kelas Iv Sdn 2 Aikmel Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2). Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V9i2.5080

Norhayani, N., Apriani, H., & Pardede, A. (2023). Penggunaan Lks Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Partikel Penyusun Benda Dan Makhluk Hidup Di Mts Raudhatusysyubban. Dalton?: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 6(1). Https://Doi.Org/10.31602/Dl.V6i1.10725

Nurhaliza, P. (2019). … Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Lks Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X …. Pillar Of Physics Education.

Pamulang, U., & Selatan, K. T. (2021). Pemanfaatan Youtube Channel Sebagai Media Belajar. Wiyatamandala?: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, I(I).

Priando Purba, B. E., Riris, I. D., & Muchtar, Z. (2021). Development Of Website-Based Learning Media Integrated Inquiri Learning Strategies In Learning Thermochemical Matter Chemistry. Budapest International Research And Critics In Linguistics And Education (Birle) Journal, 4(1). Https://Doi.Org/10.33258/Birle.V4i1.1658

Ridayanti, P. W., Marleni, K. D., & Ratnadi, N. N. A. (2021). The Influence Of Role Play Method By Hand Puppet Media In Speaking Class Of Santo Rafael Kindergarten’s Students. Yavana Bhasha?: Journal Of English Language Education, 4(1). Https://Doi.Org/10.25078/Yb.V4i1.2212

Wainira, M. A. D., Liliweri, Y. K. N., & Mandaru, S. S. E. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image. Jurnal Communio?: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2). Https://Doi.Org/10.35508/Jikom.V10i2.3609

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Cholilulloh, M. S. ., Atiqoh, A., & Hartono, H. (2023). DEVELOPMENT OF E-LEARNING LEARNING MEDIA FOR MACHINE MAINTENANCE SUBJECTS USING GOOGLE SITES FOR STUDENTS OF WIJAYA PUTRA VOCATIONAL SCHOOL, SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1844–1853. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21432