PENGUKURAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DALAM KAMPANYE DIGITAL MARKETING

Authors

  • Tamara Fatryana Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21405

Keywords:

Pengukuran ROI, Return on Investment, Kampanye Digital Marketing, Metrik Kunci, Pengambilan Keputusan Bisnis, Tantangan ROI.

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, pengukuran Return on Investment (ROI) dalam kampanye digital marketing menjadi kunci dalam menilai keberhasilan dan efektivitas upaya pemasaran online. Penelitian ini menjelaskan bagaimana perusahaan dapat mengukur ROI secara efektif dalam konteks kampanye digital marketing. Peneliti juga membahas bagaimana data ROI dapat digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis, termasuk alokasi anggaran yang lebih bijaksana dan perbaikan strategi digital marketing. Namun, peneliti mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti atribusi yang rumit dan perubahan dalam algoritma platform digital, yang perlu diatasi untuk mengukur ROI dengan akurat. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif library research untuk menggali literatur yang ada dan membangun pemahaman yang mendalam tentang topik ini, dengan harapan memberikan panduan berharga bagi perusahaan dalam mengoptimalkan investasi mereka dalam kampanye digital marketing.

References

Ahmad, I., Kom, S., Kom, M., Djajasinga, I. N. D., IPM, M. C., Astuti, S. D., ... & Ani Mekaniwati, S. E. (2022). DIGITAL MARKETING (Concept, Strategy, and Implementation). Cendikia Mulia Mandiri.

Anggraini, K., & Sunarsih, D. (2022). Digital marketing. Pascal Books.

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Darmawansyah, I., & Sismiati, S. (2021). ROI as a financial and non-financial Indicator trough Applied in Application to Social Media Marketing. JUDICIOUS, 2(1), 84-91.

Fadli, Z., Sudirjo, F., Rahmat, R., Deana Santosa, A., S Pasaribu, J., Wahyu Octaviani, D., ... & Fitriana, F. (2023). Manajemen Pemasaran Digital.

Hariningsih, E. (2016). KERANGKA KERJA PENGUKURAN SOCIAL MEDIA RETURN ON INVESTMENT. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 3(1).

Hartatik, H., Kwintiana, B., Nengsih, T. A., Baradja, A., Harto, B., Sudipa, I. G. I., ... & Gugat, R. M. D. (2023). DATA SCIENCE FOR BUSINESS: Pengantar & Penerapan Berbagai Sektor. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hasan, A. (2017). Power relationship marketing dalam bisnis. Media Wisata, 15(1).

Landoraâ, D. S., Rengkung, R., & Tangkere, E. (2017). Pengukuran Kinerja Keuangan Berdasarkan Roi (Return On Investment) Dengan Pendekatan Sistem Dupont Pada PT. Tropica Cocoprima. AGRI-SOSIOEKONOMI, 13(1), 89-98.

Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing.

Rasnawati, A., & Zebua, A. J. (2021). Analisis Komparatif Metode Rasio Keuangan dan Economic Value Added (Eva) untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk dan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun. CITRA EKONOMI, 2(2), 86-98.

Setiawan, C. A., & Rosa, T. (2023). The Analysis of The Effect of Return of Investment (ROI) on Stock Price and Financial Performance of a Company. Journal of Accounting, Management, Economics, and Business (ANALYSIS), 1(1), 20-29.

Sugiana, N. S. S., & Musty, B. (2023). Analisis Data Sistem Informasi Monitoring Marketing; Tools Pengambilan Keputusan Strategic. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 12(2).

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.

Wau, R., Syarifuddin, A., & Herwanto, R. (2017). Analisis Perbandingan Ecocnomic Value Added (Eva) dan Return On Investment (Roi) dalam Menilai Kinerja Keuangan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal Of Business Studies, 2(1), 99-110.

Yoyo Sudaryo, S. E., MM, M., Efi, N. A. S., Yosep, M. A., SE, M., Nurdiansyah, B., & ST, I. (2020). Digital Marketing dan Fintech di Indonesia. Penerbit Andi.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Fatryana, T. . (2023). PENGUKURAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DALAM KAMPANYE DIGITAL MARKETING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1833–1837. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21405