KEBERADAAN TRANSPORTASI ONLINE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN PENGEMUDI TRANSPORTASI KOPERASI TAKSI BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN

Authors

  • Nurlaela Nurlaela Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar
  • Syamsu Gaffar Universitas Muslim Maros
  • Narto Irawan Otoluwa Universitas Muslim Maros
  • Oktaviani Dwi Arti Universitas Muslim Maros
  • Muhammad Resky Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21391

Keywords:

Transportasi Online, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keberadaan transportasi online terhadap pendapatan pengemudi transportasi Koperasi Taksi Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah pengemudi transportasi Kopsidara yang dalam pemilihan informannya menggunakan teknik purposive sampling, sehingga mendapatkan jumlah 20 informan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan dalam teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman, yaitu dengan tahapan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan transportasi online memberikan dampak terhadap pendapatan pengemudi transportasi Koperasi Taksi Bandar Udara Sultan Hasanuddin, dimana rata-rata pendapatan sebelum adanya transportasi online adalah Rp 700.000 – Rp 800.000 rupiah per harinya. Namun setelah adanya keberadaan transportasi online, menurun hingga paling banyak sebesar Rp 150.000 – Rp 250.000 rupiah perharinya. Bahkan terkadang dalam satu hari tidak mendapatkan pendapatan sama sekali. Hal ini dikarenakan berkurangnya jumlah penumpang yang didapatkan oleh pengemudi transportasi Kopsidara setelah adanya keberadaan transportasi online. Selain pendapatan yang menurun, sejak munculnya transportasi online di bandara Sultan Hasanuddin, tingkat persaingan antar sesama taksi di bandara kini semakin tinggi, tingkat kesejahteraan para pengemudi Kopsidara atapun pengemudi transportasi konvensional bandara yang lain semakin menurun, terjadinya perubahan sistem atau peraturan perusahaan, dan terjadinya perubahan kondisi, yang dulunya aman, namun sekarang menjadi tidak kondusif.

References

Abdullah. 2019. ”Dampak Hadirnya Jasa Angkutan Online Bagi Pendapatan Sopir Angkutan Kota Di Palangka Raya”. Skripsi. Palangka Raya: Institusi Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Anonim. 2021. ”Pengertian, Jenis, dan Fungsi Transportasi”. 11 Juli. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-transportasi#, diakses pada 10 Januari 2023.

Brigham, E. F., dan Houston, J. F. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Edisi 13). Jakarta: Salemba Empat.

Bungin, B. 2017. Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan. 2019. ”Sejarah Band HasanuddinMakassar”. https://hubud.dephub.go.id/?id/bandaralangsung&id2=2, diakses pada tanggal 13 Juli 2023

Hangganararas, S. 2017. ”Analisis Kelayakan Layanan Go-Jek Sebagai Moda Transportasi Di Yogyakarta”. Tesis. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Kartika, W. 2019. ”Pengaruh Kehadiran Transportasi Online (Grab) Terhadap Pendapatan Angkutan Umum Di Kota Bengkulu”. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Manihuruk, A. B., Alexandro, R., Sundari., Baboe, K., dan Uda, T. 2022. “Dampak Kehadiran Transportasi Online Terhadap Pendapatan Pengemudi Taksi Kota Konvensional Di Kota Palangka Raya (Studi Kasus Terminal Mihing Manasa)”. Edunomi Cs Jounal, 3(1):11-16.

Marbun, B. 2016. Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Marjianto, N. A. 2015. “Praktek Monopoli dalam Pelayanan Jasa Taksi oleh Koperasi Taksi Bandar Udara (Kopsidara) di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (Studi Kasus: Putusan KPPU Nomor 18/KPPU-L/2009). Skripsi Thesis. Surabaya: Universitas Airlangga.

Nawi, A. 2020. ”Dampak Keberadaan Transportasi Ojek Online Terhadap Pendapatan Ojek Pangkalan di Kota Banjarbaru”. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari.

Patton, M. Q. 2015. Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice.

PT Angkasa Pura I. 2018. ”Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar” https://www.angkasapura1.co.id/id/bandara/sultan-hasannudin-makassar, diakses pada tanggal 13 Juli 2023

Putong, I. 2015. Teori Ekonomi Mikro: Konvensional dan Syariah. Jakarta: Buku dan Artikel Karya Iskandar Putong.

Sakdiyah, V. 2022. ”Peran Wongjek (Wongsorejo Ojek) Pada Perekonomian Masyarakat Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi”. Skripsi. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

Sanusi. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, Y. 2017. Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

--------. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

--------. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.

Sunaryo, R. 2015. Transportasi dan Logistik: Konsep, Model, dan Aplikasi.

Yogyakarta:Gava Media.

Suparmoko, S. 2015. Pokok-Pokok Ekonomika. Yogyakarta: Penerbit BPFE. Zhang, Y. 2015. Transportation Infrastructure Engineering: A Multi-Modal Integration.

Oxfoard: Butterworth-Heinemann.

Zulfikri, M. 2021. ”Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Taksi Pasca Beroperasi Online (Studi Kasus Taksi di Makassar). Skripsi. Makassar: Universitas Hasanudd

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Nurlaela, N., Gaffar, S. ., Otoluwa, N. I. ., Arti, O. D. ., & Resky, M. . (2023). KEBERADAAN TRANSPORTASI ONLINE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN PENGEMUDI TRANSPORTASI KOPERASI TAKSI BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1811–1819. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21391