UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES PADA SISWA KELAS V SD YPPK SANTO PETRUS ARGAPURA TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Authors

  • Anilus Parifan Cuncabang Asbulat Universitas Cenderawasih
  • Ince Abdul Muhaemin Muhaemin Universitas Cenderawasih
  • Siane Maria Tampi Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21384

Keywords:

Hasil Belajar, Bola Voli, Umpan bawah, Teaching Games.

Abstract

Pada Siswa Kelas V SD YPPK Santo Petrus Argapura, dengan rumusan masalah: (1) Apakah melalui pendekatan teaching games dapat membuat peserta didik antusias dalam pembelajaran? (2) Apakah melalui pendekatan teaching games dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran passing bawah Bola voli Melalui Pendekatan teaching games pada siswa kelas V SD YPPK Santo Petus Argapura. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD YPPK Santo Petus Argapura berjumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian dan pembahasan: (1) Peserta didik menunjukan minat yang tinggi, motivasi yang kuat keterilabatan yang aktif dan ketekunan yang luar biasa dalam mengikuti serta menjalankan pembelajaran, (2) Adanya peningkatan hasil belajar pasing  bawah bola voli melalui pendekatan teaching games pada siswa kelas V SD YPPK Santo Petus Argapura, dengan ketuntasan belajar di siklus I sebesar 32% (10 anak dari 31) dan meningkat di siklus ke II sebesar 74% (31 anak dari 23) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar passing bawah melalui pendekatan teaching games pada siswa kelas V SD YPPK Santo Petus Argapura.

References

Agus Dwi Jatmiko.(2011).Peningkatan Permainan Pembelajaran Bolavoli Melalui Pendekatan Pakem Pada Siswa Kelas V A SDIT Alam Nurul Islam. Skripsi. FIK-UNY.

Agus S. Suryobroto.(2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK-UNY.

Agus Susanto.(2010). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Bolavoli Melalui Pendekatan Bermain dengan Bola Plastik pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Rogojati Kecamatan Sokoharjo Kabupaten Wonosobo. Skripsi. FIK-UNY.

Andi, Prastowo.(2010).Memahami Metode-Metode Penelitian.Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Aris Fajar Pambudi.(2010).Target Games, Sebuah Pengembangan Konsep Diri Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani.Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (volume 7, Nomor 2, Tahun 2010).Hlm 34-40.

Atma, Abdullah & Agus, Manadji.(1994).Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani.Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Direktorat Jenderal Olahraga dan Pemuda.(1970).Bagaimana Bermain Bola Volley.Jakarta: Proyek Pendidikan Olahraga STO/SMOA.

Eri Rasmiyatun.(2011). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah dengan Model Bermain Bola Pantul Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2010-2011.Skripsi.FIK-UN

L. Viera, Barbara dan Bonnie Jill Fergusson.(2004).Bola Voli Tingkat Pemula.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Machfud, Irsyada.(2000).Bola Voli.Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III Tahun 2000.

Mulyono.(2011).Upaya meningkatkan motivasi belajar lompat jauh gaya menggantung dengan pendekatan bermain pada siswa kelas XI IPA- IPS SMA Muhammadiyah Sewon Bantul.Skripsi.FIK-UNY.

Nuril, Ahmadi.(2007).Panduan Olahraga Bola Voli.Surakarta: Era Pustaka Utama.

Wakhid Hujjatul Islam, R., & Setiakarnawijaya, Y. (2019). Model of Volleyball Smash Skills Exercise Model for High School Beginners Athletes. Journal of Physical Education, 8(3), 134–138. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Rusli Lutan.(2000).Asas-Asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar.Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas. Saryono dan Soni, Nopembri.(2009).Gagasan dan Konsep Dasar Teaching Games for Understanding (TGFU).Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 6, Nomor 1, Tahun 2009).Hlm 87-95.

Saur Tampubolon.(2013).Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan.Jakarta: Erlangga.

Soni, Nopembri dan Saryono.(2012).Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Fokus pada Pendekatan Taktik.Yogyakarta: FIK UN

Sugihartono, dkk.(2012).Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press. Suharno, H.P.(1981).Metodik Melatih Permainan Bola Volley.Yogyakarta:

IKIP Yogyakarta.

(1979).Dasar-Dasar Permainan Bola Volley.Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Suharsimi, Arikunto, dkk.(2006).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukarti.(2010).Upaya Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Permainan Bolavoli dengan Modifikasi Bola pada Siswa Kelas IV SD Kadisobo 2 Sleman. Skripsi. FIK-UNY

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Asbulat, A. P. C. ., Muhaemin, I. A. M., & Tampi, S. M. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES PADA SISWA KELAS V SD YPPK SANTO PETRUS ARGAPURA TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1787–1795. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21384