DEVELOPMENT OF A FIRE DISASTER MITIGATION LEARNING MODEL IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION IN WETLAND ENVIRONMENT

Authors

  • Nahdia Fitri Rahmaniah Universitas Lambung Mangkurat
  • Mohammad Dani Wahyudi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21296

Keywords:

Model Pembelajaran, Mitigasi Bencana Kebakaran, PAUD, Lahan Basah

Abstract

Penelitian pengembangan model pembelajaran mitigasi bencana kebakaran dilatarbelakangi oleh banyaknya bencana kebakaran yang terjadi di Banjarmasin dan pembelajaran mitigasi bencana kebakaran yang belum efektif pada PAUD. Pembelajaran mitigasi kebakaran saat ini masih menggunakan metode klasik seperti role-playing, melalui cerita atau gambar sehingga pembelajaran kurang atraktif, kurang realistik, kurang inovatif dan kurang efektif untuk anak usia dini. Pembelajaran mitigasi kebakaran dengan model simulasi merupakan salah satu solusi model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru agar pembelajaran atraktif, realistik, inovatif dan efektif bagi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), perencanaan (planning), pengembangan draf produk (develop preliminary form of product), uji coba lapangan awal (preliminary field testing), merevisi hasil uji coba (main product revision), uji coba lapangan (main field testing), penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision), dan uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing), penyempurnaan produk akhir (final product revision), kemudian diseminasi dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mitigasi kebakaran pada PAUD di lingkungan lahan basah menggunakan model simulasi dinyatakan valid dan dapat dilaksanakan oleh guru bekerjasama dengan Tim Damkar sehingga keterampilan dan kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran untuk mitigasi bencana kebakaran meningkat.  

References

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka.

Anggani, & Sudono. (2006). Sumber Belajar dan Alat Permainan Anak Usia Dini. Grasindo.

Cinantya, C., Wahyudi, M. D., & Maimunah, M. DEVELOPMENT OF FLOOD DISASTER MITIGATION LEARNING MODEL IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 195-202.

Hakim, A., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2020). The Literation of Disaster Mitigation for Early Childhood. 409(SoRes 2019), 287–290. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200225.060

Hakim, T. L. ., Harliyanti, W. ., & Prasetyo, Y. (2023). ANALISIS UPAYA TANGGAP DARURAT SEBAGAI PENCEGAHAN KEBAKARAN PADA LABORATORIUM GEDUNG XYZ DI BALIKPAPAN (STUDI KUALITATIF). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 664–70. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19305

Hasbi, M., Yuliantina, I., Nurfadilah, & Nugraha, A. (2019). Pedoman Pendidikan Kebencanaan Pedoman Pendidikan Kebencanaan Di Satuan PAUD. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (1996). Models of Teaching, 5th Edition. In Models of teaching.

Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 317–321. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1082

Noviana, E., Kurniaman, O., Munjiatun, Nugraheti Sismulyasih, S. B., & Nirmala, S. D. (2019). Why do primary school students need disaster mitigation knowledge? (study of the use of Koase Comics in primary schools). International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11), 216–221.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center.

Osofsky,J.D., & Reuther, e.t.(2013). Young Children and Disasters: Lesson learned about resilience and recovery. Zero to Three, 34(2),46-54.

Sampurno, P. J., Sari, Y. A., & Wijaya, A. D. (2015). Integrating STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Disaster (STEM-D) Education for Building Students’ Disaster Literacy. International Journal of Learning and Teaching. https://doi.org/10.18178/ijlt.1.1.73-76

Sakinah, S., & Lubis, S. I. A. . (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS PERTIWI MANDAILING NATAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 566–571. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20146

Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Analisis Etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.327

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Metode Penelitian.

Twigg, J. (2004). Good Practice Review Disaster risk reduction. Disasters.

Winangsih, I., & Kurniati, E. (2020). Disaster Mitigation in Early Childhood Education. 454(Ecep 2019), 296–301. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.058

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Rahmaniah, N. F., & Wahyudi, M. D. . (2023). DEVELOPMENT OF A FIRE DISASTER MITIGATION LEARNING MODEL IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION IN WETLAND ENVIRONMENT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2131–2138. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21296