PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PINTEREST TERHADAP KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA PESTA KELAS XI BUSANA 3 SMK NEGERI 8 SURABAYA

Authors

  • Fajarani Erliana Fatmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Irma Russanti Universitas Negeri Surabaya
  • Deny Arifiana Universitas Negeri Surabaya
  • Mita Yuniati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21175

Keywords:

Aplikasi Pinterest, Desain Busana Pesta, Kreativitas

Abstract

Aplikasi pinterest merupakan jejaring sosial yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Pada penelitian ini, aplikasi pinterest digunakan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian mendeskripsikan tingkat kreativitas peserta didik dan pengaruh penggunaan aplikasi pinterest terhadap kreativitas mendesain busana pesta. Penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimen dan desain Intact-Group Comparision yang dilaksanakan di kelas XI Busana 3 SMK Negeri 8 Surabaya. Teknik pengumpilan data menggunakan penilaian kreativitas dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik ialah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil penelitian 1) hasil tingkat kreativitas kelompok kontrol dengan persentase 41% berada pada kategori kurang kreatif. Hasil tingkat kreativitas kelompok eksperimen dengan persentase 58% berada pada kategori sangat kreatif. 2) terdapat pengaruh penggunaan aplikasi pinterest terhadap kreativitas mendesain busana pesta. Melaui hasil analisis uji t-test (thitung -4,752 > ttabel 1,693) dan taraf signifikansi (0.000<0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pinterest mempunyai pengaruh terhadap kreativitas mendesain busana pesta kelas XI Busana 3 SMK Negeri 8 Surabaya.

References

Anggraeny, F. T. et al. (2021) ‘Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi Canva pada Ponsel Pintar’, Journal of Approriate Technology for Community Services, 2(2), pp. 86–91. doi: 10.20885/jattec.vol2.iss2.art5.

Arifin, R. D. (2022) Pengertian Pinterest – Definisi, Sejarah, Fitur, Kelebihan. Available at: https://dianisa.com/pengertian-pinterest/.

Astuti, M. (2022) Evaluasi Pendidikan. Sleman: Penerbit Deepublish. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Evaluasi_Pendidikan/XwGWEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skor+adalah&pg=PA132&printsec=frontcover.

Ch, H. (2005) Desain Busana Pesta Elegan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dwiagmi, J. G. dan Purwoko, G. H. (2020) ‘Pengaruh Media Online Pinterest Dan Instagram Terhadap Pembelajaran Mahasiswa Desain Arsitekstur’, pp. 168–174.

Edytia, M. H. A. dan Sahputra, Z. (2021) ‘Pinterest Sebagai Media Referensi Visual Pada Matakuliah Perancangan Arsitektur’, Jurnal Arsitekno, 8(1), p. 26. doi: 10.29103/arj.v8i1.3792.

Enterprise, Jubilee (2012) Trik Memburu Foto dan Desain Grafis dengan Pinterest. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ferniansyah, A., Nursanti, S. dan Nariyoh, L. (2021) ‘Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Berfikir Generasi Z’, Jurnal Ilmiah Indonesia, 14(1), pp. 1–13.

Fitri, A. N., Pertiwi, L. B. dan Sary, M. P. (2021) ‘Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019’, Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 13(1), pp. 37–46.

Hairun, Y. (2020) Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran. Sleman: Penerbit Deepublish. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Evaluasi_Dan_Penilaian_Dalam_Pembelajara/GLTqDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0.

Handayani, E. D. dan Fadillah, U. (2014) ‘Panduan Menggambar Bagi Anak Berbasis Komputer’, Simposium Nasional RAPI, XII, pp. 1–8.

Hasanah, D. U., Prabawati, D. M. dan Noerharyono, M. (2014) Menggambar Busana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Himawan, N. dan Siti Patimah, S. (2014) Teknik Gampang Desain Busana dari Pola Hingga Jadi. Jakarta: PRIMA.

Magdalena, R. dan Angela Krisanti, M. (2019) ‘Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk.’, Jurnal Tekno, 16(2), pp. 35–48. doi: 10.33557/jtekno.v16i1.623.

Meilinda, N. (2018) ‘Social Media On Campus?: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI’, The Journal of Society & Media, 2(1), pp. 53–64.

Mutiarani, W. A. dan Triyanto (2022) ‘Pengaruh Aplikasi Media Sosial Pinterest Terhadap Kreativitas Mendesain Busana Pesta Wanita Siswa SMK Syubbanul Wathon’, (1), pp. 1–10.

Nasrullah, R. (2017) Media Sosial?: Perspestif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurani, Y. D. M. P. dan dkk (2020) Memacu Kreativitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Available at: Google Buku.

Octavia, D. P. dan Widarwati, S. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kreativitas Mendesain Busana Pesta Kelas XII Di SMK Karya Rini Yogyakarta’, Jurnal Fashion Pendidikan, (2), pp. 3–13.

Putri, W. S. R., Nurwati, N. dan S., M. B. (2016) ‘Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja’, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1). doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625.

Rivalina, R. (2014) ‘Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran’, Jurnal Teknodik, (4), pp. 165–176. doi: 10.32550/teknodik.v0i0.121.

Rizkiani, F. dan Tamburian, D. (2022) ‘Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Kreativitas Murid SMA Yuppentek 1 Tangerang di Masa Pandemi’, Kiwari, 1(2), p. 252. doi: 10.24912/ki.v1i2.15516.

Rizqi, V. P. dan Maeliah, M. (2020) ‘Eksplorasi Bordir Motif Bunga Sebagai Decorative Trims Pada Busana Pesta’, Jurnal Da Moda, 2(1), pp. 1–6. doi: 10.35886/damoda.v2i1.106.

Rubiyati, Asrori, M. dan Wicaksono, L. (2018) ‘Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Kreativitas Belajar Pada Remaja Kelas VII’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(5), pp. 1–8.

Ruziana, D. dan Prihatnani, E. (2019) ‘Kreativitas Siswa Produk Kurikulum 2013’, Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), pp. 73–81. doi: 10.31004/cendekia.v3i1.88.

Sakti, H. gunawan (2017) ‘Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Desain Grafis’, Jurnal Realita, 2(2), pp. 325–344.

Sugiyono, P. D. (2019a) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019b) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wati, W. R., Karyaningsih, E. W. dan Moment, P. (2017) ‘Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Terhadap Hasil Pembelajaran Desain Busana Siswa SMK’, Jurnal Ilmiah.

Winarso, B. (2021) Fitur, Sejarah dan Cara Menggunakan Pinterest, Daily Social. Available at: https://dailysocial.id/post/cara-menggunakan-pinterest.

Yaelasari, M. dan Yuni Astuti, V. (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor)’, Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7), pp. 584–591. doi: 10.36418/japendi.v3i7.1041.

Yuswatiningsih, E. dan S, I. H. (2017) Peningkatan Kreativitas Verbal Pada Anak Usia Sekolah, Penerbit Stiker Majapahit Mojokerto. Available at: http://www.elsevier.com/locate/scp.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Fatmawati, F. E. ., Russanti, I. ., Arifiana, D. ., & Yuniati, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PINTEREST TERHADAP KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA PESTA KELAS XI BUSANA 3 SMK NEGERI 8 SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2122–2130. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21175