MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) PADA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PATOMPO

Authors

  • Hariani Harjuna Universitas Patompo
  • Elpisah Amir Universitas Patompo
  • Muh. Adnan H. Universitas Patompo
  • Maing Maing Universitas Patompo
  • Kaswin Kaswin Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21151

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Universitas Patompo. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang yang bersifat deskriptif kuantitatif yang terdiri atas 15 orang Mahasiswa, 4 orang laki-laki dan 11 orang perempuan yang terdaftar pada semester III tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil observasi, pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar mahasiswa 67% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,7%. Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai KKM pada siklus I berjumlah 9 orang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 13 orang. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe STAD pada dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan Matematika Universitas Patompo.

References

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Darwis. 2006. Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Haling, Abdul. 2004. Belajar Pembelajaran (Suatu Ringkasan). Hand Out. Makassar: Universitas Negeri Makassar FIP UNM Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Hazmiwati. (2018a). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 178–184.

Hazmiwati, H. (2018b). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Khalik, Abdul. Penelitian Tindakan Kelas. UPP PGSD Parepare FIP UNM.

Lintang, I., Saneba, B., & Palimbong, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas V SD Negeri Tontouan. 4(11), 138–154.

Mudjiono & Dimianti. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.p

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: Bumi aksara.

Rohmani, F. R & Gregorius, J. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Di Kelas Iv. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 03, Issue 02, pp. 1447–1458).

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sumartono. 2000. Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional

Utami, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 424. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7840

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Harjuna, H., Amir, E. ., Adnan H. , M. ., Maing, M., & Kaswin, K. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) PADA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PATOMPO . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4336–4340. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21151