DINAMIKA LEARNING LOSS: PERAN GURU DI SMP/MTS KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Endah Mustika Pertiwi IAIN Palangka Raya
  • Setria Utama Rizal IAIN Palangka Raya
  • Muzakki Muzakki IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20953

Keywords:

Guru, Learning Loss, Peran

Abstract

Hilangnya kemampuan peserta didik pada tiga ranah domain yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik karena kesenjangan pendidikan yang terjadi di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melatarbelakangi fenomena learning loss. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi learning loss di SMP/MTs Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh dari triangulasi teknik dan triangulasi sumber dengan subjek penelitian 1 guru PAI dan Budi Pekerti, 1 guru Qur’an/Hadits, 1 guru SKI dan 10 peserta didik. Adapun informan dalam penelitian ini adalah wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran guru dalam mengatasi learning loss yaitu, sebagai pendidik (bertanggung jawab dan transfer ilmu), sebagai model/teladan (memberikan contoh teladan), sebagai fasilitator (mempermudah pembelajaran), motivator (memberikan semangat dan motivasi), sebagai evaluator (memberikan evaluasi dan penilaian) dan sebagai  pembimbing (mengarahkan dan membimbing).

References

Afrandi, K. 2021. Guru Sebagai Model dan Teladan dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. edupedia, 6(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1258

Brigette Lantaeda, S., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. 2017. Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan RPJMD Kota Tomohon. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 04(048), 243.

Haniyyah, Z., & Indana, N. 2021. Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang, 1(1), 75–86. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/259

Ismail. 2015. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Mudarrisuna, 4, 704–719. Retrieved from https://www.unimed.ac.id/2020/05/19/mengkaji-pandemi-covid-19-dari-kacamata-antropologi/.

Kuswanto, E. 2014. Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.194-220

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. 2020. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.1.

Maisaroh, I., Yuliana, N., & Abdurohim, A. 2023. KOMUNIKASI SPRITUAL PEMBIASAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI MEDIA ‘CENTER OF EXCELLENT’ DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 134–140. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19767.

Mustofa, A., & Muadzin, A. 2021. Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186.

Muzdalifa, E., Warga, T., & Bawang, T. 2022. Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 187–192. Retrieved from http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/152.

Ningsih, W. 2022. Tantangan Dan Kesulitan Guru, Orang Tua Dan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 5(1), 1–7. Retrieved from http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/116/47.

Nurhasanah, N., Nasution, J. A., Nelissa, Z., & Fitriani, F. 2021. Peranan Guru Kelas Sebagai Pembimbing Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Suloh, 6(1).

Pertiwi, E. M., & Surawan, S. 2022. Morality Values of Gurutta Ahmad Karaeng in the Novel Rindu by Tere Liye. In Budhiono (Ed.), Prosiding Seminar Internasional Bahasa dan Sastra Daerah II (Sinar Bahtera II) (pp. 61–69). Palangka Raya: Balai Bahasa Provinsi Kalteng.

Safitri, D. 2019. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Sutopo, Ed.) (II). Bandung: ALFABETA.

Wahdah, N., Hamidah, H., Mubarak, M. R., & Nurtianto, L. 2023. Investigating The Arabic Teachers Efficacy to Become a Driving Teacher. Arabiyat?: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 10(1), 36–49. https://doi.org/10.15408/a.v10i1.32146.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. 2020. Peran Guru dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia?: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Pertiwi, E. M. ., Rizal, S. U. ., & Muzakki, M. (2023). DINAMIKA LEARNING LOSS: PERAN GURU DI SMP/MTS KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2461–2466. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20953

Most read articles by the same author(s)