KESIAPAN MAHASISWA DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Saripah Saripah Universitas Indraprasta PGRI
  • Maemunah Nurmaya Sari Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.20705

Keywords:

Kesiapan Mahasiswa, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan mahasiwa sebagai seorang calon guru tentang kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. Populasi dalam sampel ini adalah seluruh mahasiswa yang diampu oleh penulis dengan jumlah populasi 152 mahasiswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian. Metode yang digunakan dalam penelititian ini adalah the one group pretest posttest design, dengan uji yang dilakukan adalah uji beda satu kelompok sampel (berpasangan). Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan secara statistik mengenai pemahaman mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian materi mengenai kurikulum merdeka.

References

Gio, P. U., & Rosmaini, E. (2016). Belajar Olah Data dengan SPSS, Minitab, R, Microsoft Excel, EViews, LISREL, AMOS, dan SmartPLS. Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia.

Jumanta, H. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemdikbud, pengelola web. (2021). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kemdikbud. (2020). (2020). Kurikulum Darurat. Sistem Informasi Kurikulum Nasional Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-darurat/. Https://Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id/Kurikulum-Darurat/.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. . PT Remaja Rosdakarya.

Supardi, U. S. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Change Publisher.

Suparman, H. , Suendarti, M. , &, & Muliyani, D. (2019). Kurikulum Pendidikan Integrasi dalam Pembelajaran. PT Pustaka Mandiri. (PT Pustaka Mandiri.).

Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan Penelitian gabungan/A. Muri Yusuf.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Saripah, S., & Sari, M. N. . (2023). KESIAPAN MAHASISWA DALAM KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 694–698. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.20705