PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA 1 BERMAIN DI LINGKUNGAN RUMAH KELAS II SD NEGERI 091273 KARANG BANGUN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20444Keywords:
Pengaruh, Media Gambar, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II Subtema 1 bermain di lingkungan rumah di SD Negeri 091273 Karang Bangun. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan Rancangan One Grup Pretest Posttest. Dimana pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 091273 Karang Bangun yang berjumlah 29 orang dimana yang terdiri dari 13 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berbentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini diketahui dari pemerolehan nilai thitung sebesar 6,301 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas II Subtema 1 Bermain Di Lingkungan Rumah SD Negeri 091273 Karang bangun. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.References
Arikunto,S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineke Cipta.
Asrul,dkk.,(2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung:Citapustaka Media.
Efendi,Rinja. Asih Ria Ningsih.(2020). Pendidikan Karakter di Sekolah.Pasuruan:Qiara Media.
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena,4(1).
Samosir,F., Panjaitan, M.B., & Sitio,H. (2022).Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 3 Bermain Di Lingkungan Sekolah Kelas Ii Sd Negeri 095246 Pematang Kerasan.Pedagogik:Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(2),286-292.
Saragih,E.J.,Lumbantobing,M.T.,&Sianturi,C.L.(2022).Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Pada Pembelajaran Subtema Bermain di Lingkungan Sekolah di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK),4(6),1785-1796.
Setiawan Eko.(2018). Pembelajaran Tematik Teoritis & Praktis. Jakarta:Erlangga.
Sholihah,K.(2021).Penggunaan Media Gambar (Studi Analisis Buku Image Science)(Doctoral dissertation, IAIn Ponorogo).
Sijabat,M.,Sirait,J., & Sidabutar,Y.A. (2022).Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Subtema 2 di Kelas IV SD.Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5),6566-6575.
Sitompul,Harun. Muhammad Ardansyah.(2017). Statistika Pendidikan Teori Dan Cara Perhitungan. Medan:Widya Puspita.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RD. Bandung:Alfabeta.
Sundari,N.(2013).Penggunan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di sekolah dasar. EduHumanioral Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru,5(1).
Unsi,B. T.(2014). Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab.
Tafaqquh:Jurnal Penelitian Dan Kajain Keislaman,2(1),26-44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmadiana Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.