ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN KOPI DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN CONJOINT ANALYSIS: STUDI KASUS KOPI NU SAE BOGOR

Authors

  • Jhonson Sitanggang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Mei Iswandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Anessa Musfitria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Rizal Bakti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20143

Keywords:

Atribut, Conjoint Analysis, Kansei Engineering, Kopi, Semantic Differential, Level Atribut.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menilai preferensi konsumen kedai kopi Nu Sae Bogor. Eksplorasi atribut-atribut kopi menggunakan metode Kansei engineering. Metode ini mengubah emosi atau perasaan konsumen menjadi spesifikasi desain produk baru kedai kopi Nu Sae Bogor yang digemari konsumen. Kuesioner skala sematic differensial digunakan dalam metode kansei engineering. Kansei engineering digunakan dalam pengembangan produk untuk memperoleh kepuasan pelanggan juga preferensi konsumen dengan menganalisis perasaan dan emosi konsumen dan menghubungkannya menjadi desain sebuah produk baru. Selanjutnya menggunakan metode conjoint analysis untuk menentukan hubungan antara kata-kata Kansei dan atribut serta tingkat atribut. Hasil survei memberikan tujuh kata kansei yang menjadi kriteria penting bagi konsumen kedai kopi Nu Sae Bogor untuk memilih jenis minuman kopi, yaitu “Harga’, “Aroma”, “Rasa”, “Bervariasi”, “Kemasan”, “Tekstur’, dan “Rasa”. Sedangkan berdasarkan hasil conjoint analysis diperoleh tingkat kepentingan tiap atribut secara berturut-turut adalah Variasi sebesar 39,896 persen, Kemasan sebesar 17, 837 persen, Harga sebesar 17,078 persen, Rasa sebesar 14,946 persen, dan Aroma sebesar 10,243 persen.  Rekomendasi spesifikasi produk minuman kopi baru dengan nilai utilitas tertinggi yaitu variasi latte, kemasan botol, harga mahal, rasa asam dan aroma soft.

References

H. Kurniawan, “Konsumsi Kopi di Indonesia Naik 44%” 2020, available: https://investor.id/business/222474/konsumsi-kopi-di-indonesia-naik-44, diakses pada 1 September 2023.

H. Wijayanto dan Y. Angraeni, “Conjoint analysis: Metode Full Profile dan CBC untuk Menelaah Persepsi Mahasiswa terhadap Pilihan Pekerjaan,” Forum Statistika dan Komputasi, vol. 12, no. 1, pp 8-17, 2007.

Kotler, Keller, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Kedua Belas, Jakarta: PT. Indeks, 2007.

L. L. Salomon, W. Kosasih, dan N. L. Saputra, “Strategi Pengembangan Plastic Shopping Bag Berdasarkan Preferensi Konsumen dengan Pendekatan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: PT. ERA)” vol. 04, no. 14, 2015.

Lokman Moh, Anitawati., (2010). Design & Emosi: The Kansei Engineering Methodology, Universitiy Teknologi Mara. Malaysia.

M. Nagamachi, Kansei Engineering on Word Sound. Japan: The Acoustical Society of Japan, 1993.

S. Santoso, Statistik Multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

Schutte, S., (2002). Designing Feelings Into Product. Linkopings University. Linkoping.

W. Kosasih, L. L. Salomon, dan R. Hutomo, “Using Conjoint and Cluster Analysis In Developing New Product for Micro, Small and Medium Enterprises (SMES) Based on Customer Preferences (Case Study: Lampung Province’s Banana Chips),” AIP Conference Proceedings. Vol. 1867. No. 1, 2017.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Sitanggang, J. ., Iswandi, M. ., Musfitria, A. ., & Bakti, R. . (2023). ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN KOPI DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN CONJOINT ANALYSIS: STUDI KASUS KOPI NU SAE BOGOR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 553–560. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20143