LANGUAGE ACQUISITION FOR CHILDREN WITH DYSLEXIA DISORDER

Authors

  • Zuhana Syahfitri Universitas Sumatera Utara
  • Alemina Br.Perangin- Angin Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20136

Keywords:

Pemerolehan Bahasa, Gangguan Disleksia

Abstract

Fungsi utama bahasa adalah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Banyak penelitian telah dilakukan mengenai bahasa, khususnya proses pemerolehan bahasa, karena bahasa merupakan aspek perkembangan manusia yang menarik dan mencolok untuk dibahas. Proses pemerolehan bahasa dimulai pada masa kanak-kanak hingga dewasa. Proses pemerolehan bahasa menyasar anak-anak. Tentu saja prosesnya berbeda-beda pada setiap anak. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak, dengan pengecualian seperti anak-anak dengan Gangguan Disleksia (DD) dan disabilitas lainnya. Insiden DD meningkat pesat di seluruh dunia setiap tahunnya. Oleh karena itu, berbicara tentang bahasa anak DD sangatlah penting. Menurut sumber database, program pendidikan khusus dan pengobatan untuk membantu perkembangan bahasa pada anak penderita gangguan disleksia dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. Data tersebut diambil dengan cara ikut berinteraksi dan mendorong subjek penelitian untuk pemerolehan bahasa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan memahami pemerolehan bahasa anak penderita gangguan disleksia.

References

Bruck, M., & Treiman, R. (1990). Phonological awareness and spelling in normal children and dyslexics: The case of initial consonant clusters. Journal of Experimental Child Psychology, 50, 156-178. https://doi.org/10.1016/0022- 0965(90)90037-9.

Crombie, M. (1997). The Effects of Specific Learning Difficulties (Dyslexia) on the Learning of a Foreign Language in School.Dyslexia,3,2747.https://doi.org/10.1002/(SICI)10 99909(199703)3:13.0.CO;2-R.

Crombie, M. (2000). Dyslexia and the Learning of a Foreign Language in School: Where Are We Going? Dyslexia, 6, 112-123. https://doi.org/10.1002/(SICI)10990909(200004/06)6:23.0.CO;2-D

Helland, T., & Kaasa, R. (2005). Dyslexia in English as a second language. Dyslexia, 11, 41-60. https://doi.org/10.1002/dys.286.

International Dyslexia Association. (2017). Dyslexia in the classroom: What every teacher need to know. International Dyslexia Association. Https ://dyslexiaida.org/wpcontent/uploads/2015 /01/DITC-Handbook. pdf. Accessed 5 May 2021.

Kannangara, C., Carson, J., Puttaraju, S., & Allen, R., (2018). Not All Those Who Wander are Lost: Examiningthe Charecter Strengths of Dyslexia. Global Journal of

Intellectual & Developmental Disabilities, 4(5). Doi: 10.19080/GJIDD.2018.04.555648

Lin, Y., Zhang, X., Huang, Q., Lv, L., Huang, A., Li, A., Wu, K., & Huang, Y., (2020). The prevalence of dyslexia in primary school pupils and their chinese literacy, International Journal of Environmental Research and Public Health, 17, 7140, https://doi:10.3390/ijerph1719740

Meiri, R., Levinson, O., & Horowitz-Kraus, T. (2019). Altered Association Between Executive Functions and Reading and Math fluency tasks in pupils with reading difficulties compared with typical readers. Dyslexia, 1-17, https://doi:10.1002/dys.1624.

Nijakowska, J. (2012). Individual Differences in Language Learners with Dyslexia. In M. Pawlak (Ed.), Second Language Learning and Teaching. New Perspectives on Individual Differences in Language Learning and Teaching (pp. 289-303). Berlin: Springer.

Tsesmeli, S. N., & Seymour, P. H. K. (2006, August). Derivational morphology and spelling in dyslexia. Reading and Writing, 19(6), 587-625. https://doi.org/10.1007/s11145-006-9011-4.

Yahya, A.Y., Noor Aini Ahmad & Yoong, S.M. (2019). A new dimensional in teaching nonverbal pupils with learning disabilities. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 2099-2108. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v9-12/7420.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Syahfitri, Z., & Angin, A. B.-. (2023). LANGUAGE ACQUISITION FOR CHILDREN WITH DYSLEXIA DISORDER . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3263–3269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20136