KOMUNIKASI SPRITUAL PEMBIASAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI MEDIA ‘CENTER OF EXCELLENT’ DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • Ima Maisaroh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nina Yuliana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Abdurohim Abdurohim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19769

Keywords:

Komunikasi Spiritual, Pembiasaan Shalat Dhuha, Pendidikan Karakter.

Abstract

Pembiasaan shalat dhuha dipilih oleh sekolah umum dan dasar agama sebagai metode pendidikan karakter dengan cara yang berbeda. Dengan penelitian etnografi komunikasi dengan teori komunikasi religious dan teori aktivitas, bertujuan merumusan metode dan model kegiatan shalat dhuha sebagai bagian pendidikan karakter yang terintegrasi dan efektif dan dapat dirujuk sekolah-sekolah. Menghasilkan: Keragaman metode komunikasi spiritual pembiasaan shalat dhuha didasarkan konsep spiritual UU No 20 tahun 2013, kurtilas, dan visi-misi yang dipengaruhi oleh status sekolah, guru, siswa, sarana, prasarana, keragaman agama dan dibungkus oleh faktor kepemimpinan. Dan status sekolah (sekolah rujukan, jawara MTQ, sekolah madrasah) menjadi faktor utamanya dan menjalankan metode Qishah, uswah dan pembiasaan) shalat dhuha secara berbeda, disesuaikan dengan target efek di dalam UU, kurikulum, visi misi, dan tujuan tiap program yang melalui model khas (suplemen, otonomi, integrasi, kolaboratif) tiap sekolah. SMPN 1 Serang sebagai sekolah rujukan pengembangan karakter meniadakan kewajiban shalat dhuha bersama, karena nroomm interrasi dari kebijakan, visi misi, kurikulum dan ekstrakurikuler dinilai cukup untuk mengantarkan pelaksanaan shalat dhuha mandiri. Hal yang sama pada MTSN 1 Kota Serang sebagai sekolah madrasah, dengan model otonom pelajaran Aqidah Akhlak yang dikolaborasikan dengan kurikulum dan ekstrakulrikuler, sehingga hanya mewajibkan pelaksanaan shalat dhuha bersama satu minggu sekali. Hal yang berbeda dilakukan oleh SMPN 8 Serang sebagai jawara MTQ, yang melaksanakan metode pembiasaan shalat dhuha sebanyak 4 hari dalam seminggu yang dilaksanakan dilapangan secara berjemaah sebagai fokusnya.

References

Daradjat. Zakiah. 2005. Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Surabaya. Bulan Bintang.

Denzin, Norman K & YVonna S, Lincoln. 2007. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuswarno. Engkus. 2008. Metodologi Penelitian Komunikasi: Emografi Komunikasi Suatu pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajajran

Littlejhon. Stephen. W & Foss, Karen A. 2009. Encyclopedia of Communication Teori. Kalifornia. Publikasi Sage. Maykut, P&R, Morehouse. 2000. Penelitian Kualitatif Awal: Panduan Filosofis dan Praktis. London: Routledge Falmer.

Naim, Ngainun. 2012. Character building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa Yogyakarta. ArRuzz Media.

Neuman, W. Lawrence. 2006. Social Researh Methods Qualittaive and Pendekatan Kuantitatif, Edisi Keenam. Boston: Pendidikan Pearson,Inc.

Ritzer, George dan Douglas J, Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern, Edisi Keenam. Jakarta: Kencana

Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.

Quinn Patton, Michael, 2002. Qualitative Research & Evaluation Methods, Edisi Ketiga. California: Sage Publications, Inc.

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta. Lkis.

Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Wiyani, Novan Ardy. 2012. Membumikan Pendidikan Karakter di SD.2014.

Furkan. Nuril. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sma Negeri 1 Dompu dan Sma Negeri Kilo Kabupaten Dompu. Jurnal Sastra, Bahasa dan Linguistik. Jurnal Internasional Akses Terbuka Vol.3 2014, diakses dari http://www.iiste.org/Journals/index.php/JLLL/article/viewFile/10057/15748

Ma’ruf, Mohammad. 2016. Pembinaan akhlak anak melalui pembiasaan shalat dhuha di sekolah LBN Purbalingga Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap pembentukan perilaku Religius Siswa di MTSN Ngantru Tulungagung kelas VIII. Diunduh http://repo.iain- Tulungagung.ac.id/5290/2/ABSTRAK .Pdf tgl. 4 Maret 2018 pkl, 18,01 WIB

Hasanah, Nur Hidayatul. 2015. Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MTS YAUMIKA Kalioso Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015 Unduh di http://eprints.ums.ac.id/34433/1/02.%20Naskah%20Publikasi.pdf tgl. 4 Maret 2018 pkl. 15.12 WIB

http://news.liputan6.com/read/2995062/cara-psi-depok-bantu-pemkot-atasi-kenakalan-remaja -. Cara PSI Depok bantu pemkot atasi kenakalan remaja. Diunduh pada tgi 26 februari 2018 pkl. 12.31 wib

http://regional.liputan6.com/read/2881005/heboh-aksi-mesum-pelajar-pelajar-di-jatim. AKBP Shinto Shilitonga dalam Liputan6.com. Heboh aksi mesum pelajar- pelajar di Jatim. Diunduh tgl. 7Maret 2017 pkl. 14.04 wib.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Maisaroh, I. ., Yuliana, N. ., & Abdurohim, A. (2023). KOMUNIKASI SPRITUAL PEMBIASAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI MEDIA ‘CENTER OF EXCELLENT’ DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 134–140. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19769