PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI APLIKASI DAN PLATFORM WEB: KAJIAN LITERATUR TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN HOLISTIK SISWA

Authors

  • Dina Ediana Universitas Prima Nusantara Bukittinggi
  • Nining Andriani Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa
  • Aziz Rizki Miftahul Ilmi STKIP AL-AMIN
  • Rinovian R Unindra PGRI Jakarta
  • Rosa Zulfikhar Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19498

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Aplikasi dan Platform Web, Keterampilan Holistik, Teknologi Pendidikan, Pengembangan Keterampilan Siswa.

Abstract

Pendekatan yang menonjol adalah pembelajaran berbasis proyek yang memanfaatkan aplikasi dan platform web untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan interaktif. Artikel ini mengkaji dampak dari implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan teknologi pendidikan pada pengembangan keterampilan holistik siswa, termasuk keterampilan sosial, kreativitas, pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir kritis. Dengan melihat proyek "Planet Guardian" sebagai studi kasus, penelitian ini mengungkap bagaimana siswa terlibat dalam proyek berbasis lingkungan yang melibatkan penelitian, kolaborasi daring, dan pengembangan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek semacam itu dapat memengaruhi perkembangan keterampilan holistik siswa secara positif. Keterampilan sosial ditingkatkan melalui kerja tim dan komunikasi daring, sementara kreativitas diperangsang melalui pemecahan masalah dalam konteks dunia nyata. Pembelajaran berbasis proyek dengan teknologi pendidikan juga membantu siswa dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis melalui evaluasi proyek dan umpan balik dari rekan-rekan mereka. Dalam dunia yang terus berubah, keterampilan holistik seperti ini semakin penting untuk kesuksesan siswa di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tantangan yang dihadapi dalam mengintegrasikan teknologi pendidikan dengan pembelajaran berbasis proyek adalah pengembangan pedoman terbaik dan strategi pendidikan yang efektif. Guru dan lembaga pendidikan perlu terus berinovasi dalam merancang proyek-proyek yang relevan dan mendukung pengembangan keterampilan holistik siswa. Artikel ini menggarisbawahi pentingnya upaya ini dan kontribusi penting pembelajaran berbasis proyek dengan teknologi pendidikan dalam membentuk pembelajar yang siap menghadapi masa depan.

References

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70.

Kustini, S., Herlinawati, H., & Indrasary, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin. Intekna, 21(1), 30-40.

Hendri, S., & Defianti, A. (2015). Membentuk keterampilan argumentasi siswa melalui isu sosial ilmiah dalam pembelajaran sains. Prosiding Simposium Inovasi dan Pembelajaran Sains, 545-548.

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective in English Online Learning?: The Students' and Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.

Noor, M. E., Hardyanto, W., & Wibawanto, H. (2017). Penggunaan E-Learning dalam pembelajaran berbasis proyek di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 17-26.

Ratnawati, D. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter holistik siswa SMKN di Kota Malang. Jurnal Taman Vokasi, 3(2).

Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The Role of Artificial Intelligence (AI) In Developing English Language Learner's Communication Skills. Journal on Education, 6(1), 750-757.

Salam, S. (2023). Pendekatan Holistik dan Terintegrasi dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 71-86.

Sari, M. N. (2021). Shaping Young Learners’character Through Teacher Questioning In English Classroom Activities. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19.

Sari, M. N., Ningsih, P. E. A., & Novita, A. (2023). An Analysis of English Classroom Interaction Pattern at Eleventh Grade of SMKN 4 Kerinci Based On El Hanafi Theory. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 105-115.

Widyawati, E. R., & Sukadari, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 215-225.

Zen, Z. (2019). Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi: Menuju Pendidikan Masa Depan. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Ediana, D. ., Andriani, N., Ilmi, A. R. M., R, R. ., & Zulfikhar, R. . (2023). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI APLIKASI DAN PLATFORM WEB: KAJIAN LITERATUR TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN HOLISTIK SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 860–866. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19498