PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DATUK LIMA PULUH

Authors

  • Elza L.L Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Hanaria Samosir Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Beslina A Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19486

Keywords:

Pengaruh, Media, Scrapbook, Menulis, Teks Persuasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Persuasi Oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Datuk Lima Puluh Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas dengan keseluruhan populasi 90 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel dalam penelitian sebanyak 60 siswa dengan total 2 kelas yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas VIII A  dan VIII B. Dari analisa yang diperoleh hasil data siswa dari kelas kontrol tanpa menggunakan media scrapbook memperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 59,8, sedangkan hasil data siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,5. Dan berdasarkan hasil hipotesis dengan uji “t” diperoleh bahwa Thitung > Ttabel =  8,4836 > 1,67155. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan kemampuan menulis teks persuasi berpengaruh menggunakan media Scrapbook.

References

Andriyani & Fajwah. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Persuasi dengan Menggunakan Pendekatan Proses dan Media Poster Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kretek Bandul. Jakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Basir. (2013). Pengangan Guru Bahasa Indonesia: Modul Pengayaan

Dalman, (2015). Keterampilan Menulis. PT Raja Grafindo Persada.

Dalman, M. P. (2015). Keterampilan Menulis. PT RajaGrafindo Persada.

Damayanti, M. dan Z. (2017). Pengaruh Media Scrapbook ( Buku Tempel ) terhadap Hasil Belajar Siswa Abstract This research has purpose to describe effect of scrapbook media on student learning outcome in material of adat house diversity in Indonesia in fourth grade of SDN kebraon I Su. 803–813.

Juli Asima Rambe. (2015). Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 57. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p57-67

Nurdiana, I.-, & -, M. (2017). the Relationship Between Using Scrapbook Media and Motivation in Learning Geography of Sev-Enth Grade Students in Smp Negeri 41 Palembang (Hubungan Penggunaan Media Scrapbook Dengan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 41 Palembang). Edutech, 16(3), 274–287. http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/8079

Prof.Dr.Henry Guntur Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Siagian, B. A., & Mulyadi, M. (2023). Cognition and Ideology in the Irony of the Batak Toba Language. Humaniora, 14(1), 81–89. https://doi.org/10.21512/humaniora.v14i1.8470

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Tarigan, P. D. H. G. (2017). Menulis. Angkasa.

Utaminingsih, S., Agustini, F., & Aniq KHB, M. (2019). Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 64. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17378

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

(Times New Roman 11, Reguler, spasi 1, spacing before 6 pt, after 6)

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

Saragih , E. L. ., Samosir, H., & Siagian, B. A. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DATUK LIMA PULUH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19486