PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA – SISWI KELAS VIII SMP HKBP SIDORAME MEDAN

Authors

  • Harlen Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Melda simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19289

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Teks Puisi, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Hubungan Penguasaan Konjungsi dengan Kemampuan Menulis Teks prosedur pada Siwa Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T/A 2023/2024; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan; (3) mendeskripsikan penguasaan konjungsi pada siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain korelatif yaitu penelitian yang didasarkan pada bentuk angka-angka untuk mengukur kemampuan menulis teks prosedur siswa, dengan mendeskripsikan tingkat hubungan antara penguasaan konjungsi dengan kemampuan menulis teks prosedur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 32 orang yang hanya terdiri dari 1 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling   yang dapat diartikan bahwa seluruh populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan memperoleh nilai rata-rata 72,81 dengan standar deviasi 18,14 pada penguasaan konjungsi dan nilai rata-rata 71,25 dengan standar deviasi 18,65 pada kemampuan menulis teks prosedur. Hasil uji persyaratan analisis data penguasaan konjungsi dan kemampuan menulis teks prosedur menyatakan sampel terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan denga r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N=32 yaitu 0,349 dan rxy =0,944 maka hipotesis altrnatif (Ha) diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan konjungsi dengan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VIII di SMP Swasta HKBP Sidorame Tahun Ajaran 2023/2024.

References

Ariyani, D. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 10(1), 20–32. https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.6564

Arikunto, Suharsimi, D. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, D. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN MINAT BACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723

Harlen, Dr Simajuntak, M.Pd, dkk. (2021) Strategi Untuk Meningkatkan mutu pembelajaran Di sekolah dasar, Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

Juwita Sari, R., & Putro Utomo, A. (2019). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII I SMPN 1 JEMBER: Vol. II (Issue 2).

Kardian, A. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY. http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis

Khulsum, U., Hudiyono, Y., Endang, D., & Sulistyowati, D. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA STORYBOARD PADA SISWA KELAS X SMA. In Online) Diglosia (Vol. 1, Issue 1).

Kurniati, I., & Hilaliyah, T. (2023). META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.702

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan". Kompas.id. Diakses tanggal 12 April 2021.

Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2, 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Mawarni, H. (2022). ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA LAWAS (PUISI TRADISIONAL) MASYARAKAT KABUPATEN SUMBAWA NUSA TENGGARRA BARAT. 2(2).

Muntazir, M. (2017). Struktur Fisik dan Struktur Batin Pada Puisi Tuhan, Aku Cinta Padamu Karya WS Rendra. JURNAL PESONA, 3(2). https://doi.org/10.26638/jp.448.2080

Purba, N. A., Sidebang, R., & Simanungkalit, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa melalui Penggunaan Media Diorama pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4414

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-09-28. Diakses tanggal 2015-09-27

Rasmi, I. G. A. D. C. (2022). TEMA MAYOR DAN TEMA MINOR ANTOLOGI PUISI “SEUNTAI HARAP” KARYA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 DENPASAR. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia (Vol. 11, Issue 1). https://penggerakliterasi.id/.

Sarah, S., & Sipayung, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa. 3(2).

Stkip, H., & Dompu, Y. (2022). Penerapan Metode Field Trip dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X. In Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) (Vol. 2). http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. In Jurnal Konsepsi (Vol. 9, Issue 2). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi72

Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Simanjuntak , H. ., simanjuntak, M., & Sitohang, T. (2023). PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA – SISWI KELAS VIII SMP HKBP SIDORAME MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 337–344. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19289