PELAYANAN HOLISTIK ORANG TUA KRISTEN: SEBUAH UPAYA MENCEGAH DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19090Keywords:
Pelayanan Holistik, Dampak Media Sosial, Peran Orang Tua KristenAbstract
Kehadiran media sosial dalam kehidupan masyarakat sangat memberikan dampak positif yang signifikan. Terutama dalam membantu masyarakat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dikerjakan. Namun, di sisi lain media sosial ini memberikan dampak negatif yang dapat merusak peradaban manusia dengan hadirnya berbagai konten-konten yang tidak sepatutnya. Permasalahan yang harus diantisipasi adalah bagaimana dengan anak usia dini yang sudah diajarin menggunakan gadget yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang merangsang stimulasi perkembangan anak. Oleh karena itu, tujuan penulisan artikel adalah memberikan wacana pengetahuan kepada pembaca, akademis, dan praktisi untuk memaparkan pentingnya pelayanan holistik dalam mencegah pengaruh negatif media sosial pada anak usia dini yang merujuk pada penjelasan bagaimana peran orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui buku, artikel jurnal, dan situs website sebagai referensi dalam pengumpulan data. Adapun hasil kajian ini adalah orang tua sebagai peletak dasar dalam membangun kesadaran anak supaya kepolosan anak dapat diisi dengan pengetahuan dan penanaman akan karakter rohani baginya yang dapat ditempuh melalui pelayanan holistik orang tua dalam menunjang perkembangan anak, dan terutama dalam mencegah dampak negatif media sosial yang semakin merambat.References
Agustang, Ahmad, A., & Hafid, E. (2023). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.221
Agustyn, I. N. (2022). Dampak Media Sosial (Tik-Tok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. 10.
Ambariani, A., & Suryana, D. (2022). Hambatan Implementasi PAUD Berbasis Holistik Integratif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5200–5208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1599
Aulia, Hasyim, M. Q., Kuswanto, A. V., Hasanuddin, M. I., Mulya, N., Nurrahmawati, E., Nurulita, R. F., Nurlina, Meliani, F., & Fahmi, A. I. (2023). Minat Bermain Dan Perkembangan Anak. Global Eksekutif Teknologi.
Baso, B., Manek, P. G., Risald, R., Maneno, R., & Lestari, A. K. D. (2023). Sosialisasi Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pengawasan Penggunaan Media Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(1), Article 1.
Cahyani, I. N. (2023, Juni 12). Kasus Molly Russel, Remaja Inggris yang Habisi Diri Sendiri setelah Tonton Konten Media Sosial. Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/internasional/2022/10/01/kasus-molly-russel-remaja-inggris-yang-habisi-diri-sendiri-setelah-tonton-konten-media-sosial
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79
Estafianto, H. D. (2023). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Kidspedia?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), Article 1. http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/7023
Fauzi, R., & Islamiah, M. N. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Kajian Komunikasi: Implikasi Terhadap Hubungan Keluarga. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 5(01), Article 01.
Fitriani, A., Fahlevi, R., Aini, K., Ekaningtyas, N. L. D., Rochmat, R. A., Multahada, E., Satyaninrum, I. R., Ariani, N. W. T., & Sudirman, M. Y. (2023). Psikologi Perkembangan. Global Eksekutif Teknologi.
Ghofururrohim, N. M., Wicaksono, R. N., & Faristiana, A. R. (2023). Pengaruh Smartphone Terhadap Anak Usia Dini. Education?: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 129–146. https://doi.org/10.51903/education.v3i2.340
Harianto GP, Th M., M. P. K. (2021). Teologi Pastoral: Pastoral sebagai Strategi Penggembalaan untuk Menuju Gereja yang Sehat dan Bertumbuh. PBMR Andi.
Harining, N. L. S., & Suardana, I. K. P. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menekan Dampak Negatif Konten Short Video Media Online YouTube pada Anak Usia Dini. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.53977/sadharananikarana.v5i1.996
Hasan, M., Aji, N. U. B., Suyitno, M., Pamuji, S. S., Rochmahtun, S., Wibowo, T. P., Sa’idah, S., Salama, N., Dewi, N. K., Agustina, P., Zulfa, E. S., Eskawida, Apriyanti, Y. O., Yurni, Hikrawati, & Arifin. (2023). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Sada Kurnia Pustaka.
Hasanah, E., Maryani, I., Suyatno, & Gestiardi, R. (2023). Model Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Digital Di Sekolah. Ika Maryani.
Karliani, E., Triyani, T., Hapipah, N., & Mustika, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.414
Khotimah, K., & Zulkarnaen, Z. (2023). Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3832
Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Muhammadiah, M., Putri, N. K., Putri, H., Uce, L., & Machmudah. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. Global Eksekutif Teknologi.
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), Article 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/38118
Mahendra, A. I., Primiputri, A., & Dwiprawira, R. A. (2023). Penatalaksanaan Skabies secara Holistik pada Anak Balita melalui Pendekatan Kedokteran Keluarga. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i1.1271
Miranda, & Neviyarni. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8365
Oktavia, H. (2023, Maret 13). Gawat, Ratusan Anak di Banyuwangi Alami Mata Minus Akibat Kecanduan Gadget. https://www.tvonenews.com/daerah/jatim/107065-gawat-ratusan-anak-di-banyuwangi-alami-mata-minus-akibat-kecanduan-gadget
Primaningtyas, A. R., & Pietra, J. L. (2023, Januari 4). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kondisi Kesehatan Mental Remaja—Yayasan Pulih. https://yayasanpulih.org/2023/01/pengaruh-media-sosial-terhadap-kondisi-kesehatan-mental-remaja/
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika?: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), Article 1.
Rahiem, M. (2023). Upaya Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Aulad Journal on Early Childhood, 6, 20–29. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.440
Rahmaniar, A., Syahirah, A. N., T, A. K., Tiara, A., Abimayu, A., Vanchudsi, A., Prameswari, A. D., Safitri, A., Ramadhea, D. M., Dewana, D. C., Haryani, D., Putrigina, D., Wijaya, D. A., Sanjaya, E. A., Muhammad, F., Kabir, F., Awalia, F., Bagus, G., Ardhika, F. R., … Maitimu, K. (2023). Bunga Rampai Isu-isu Komunikasi Kontemporer 2023. PT Rekacipta Proxy Media.
Rantung, A. E. P. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.
Rujiah, R., Rahman, I. K., & Sa’diyah, M. (2023). Pembelajaran Kemandirian untuk Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.491
Saetban, S. (2023). Makna Iman Dalam Pelayanan Holistik | Jurnal Teologi & Pelayanan Kerusso. http://jurnal.sttii-surabaya.ac.id/index.php/Kerusso/article/view/233
Saman, A. M., & Hidayati, D. (2023). Pola Asuh Orang Tua Milenial dalam Mendidik Anak Generasi Alpha di Era Transformasi Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4557
Santika, E. F. (2023). Hampir Separuh Anak Usia Dini Sudah Gunakan HP dan Mengakses Internet pada 2022 | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/16/hampir-separuh-anak-usia-dini-sudah-gunakan-hp-dan-mengakses-internet-pada-2022
Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59341
Septiyani, R., Jesika, S., Pratiwi, W., Antoni, F., Handani, D., & Albadry, S. A. (2023). Pengaruh Role Model Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Siswi Kelas XII SMK N 1 Bungo. NUSANTARA?: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), Article 2.
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Suryaningsih, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.45
Syakura, T. A., Herwanto, M. P., Purnashakti, A. A., Pradiptya, A. M., & Radianto, D. O. (2023). Dukungan Sosial Orang Tua Sebagai Faktor Pelindung Dalam Menghadapi Tantangan Pisikologis Anak. Koloni, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i1.449
T, A. P. R., & Nasution, S. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Mencegah Efek Negatif Kecanduan Smartphone. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), Article 03. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4782
Ulfadhilah, K. (2023). Penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berbasis Layanan Holistik Integratif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4413
Utami, R. D., & Ikhwana, N. S. (2022). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4085
Wardhana, T. (2023, Juni 1). Bocah 4 Tahun Terjun dari Lantai 26 Pakai Payung, Tiru Adegan “Tom & Jerry.” Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/trending/bocah-4-tahun-terjun-dari-lantai-26-pakai-payung-tiru-adegan-tom-amp-jerry.html
Wulandari, D. P., & Pasaribu. (2023). Pemasaran Digital untuk Bisnis Hospitality. Deepublish.
Zai, S., & Marampa, E. R. (2023). Edukasi Bullying Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Kristen. Anthor: Education and Learning Journal, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.183
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yudita Nismani Nduru, Suardin Zai, Elieser R Marampa, Yoel Triyanto, Philipus Sunardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.