KANDUNGAN NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT PADA BUKU TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Irma Widya Ningsih Universitas Jambi
  • Asrial Asrial Universitas Jambi
  • Alirmansyah Alirmansyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18982

Keywords:

Nilai Karakter, Buku Tematik, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi dari kandungan nilai karakter pada buku teks tematik kelas IV sekolah dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi dokumen yang menghasilakan nilai-nilai karakter pada buku teks tematik kelas IV sekolah dasar. Data dan sumber data dari penelitian ini diambil dari dokumen- dokemen, data tersebut berupa muatan nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku teks tematik pegangan siswa kelas IV sekolah dasar semester ganjil dan genap kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang sering muncul pada tema 1 samapai tema 9 berbeda-beda serta jumlahnya juga berbeda-beda. Nilai karakter yang paling sering muncul tertinggi hingga terendah ialah nilai karakter bersahabat/komunikatif muncul sebanyak 257 kali, karakter karakter gemar membaca muncul sebanyak 211 kali, karakter demokratis muncul 183 kali, karakter cinta tanah air muncul 154 kali, karakter rasa ingin tahu muncul 136 kali, karakter peduli lingkungan muncul 114 kali, adapun karakter yang jarang muncul ialah; karakter jujur muncul sebanyak 5 kali, karakter cinta damai muncul 4 kali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kandungan nilai karakter yang terdapat pada buku teks tematik kelas IV sekolah dasar dapat diterapkan dan ditanamkan pada peserta didik kelas IV sekolah  dasar.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 23–24.

Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. HIJRI - Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 69–83.

Anisa Astra, J., Mardiyana, & Triyanto. (2018). Pendekatan dan Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang Mendukung Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 286–299.

Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69-74.

Ariyanti, F., Rustopo, R., & Putri, A. D. S. (2019). Analisis Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 43-50.

Asbari, M., Novitasari. (2021). Pengaruh Aktivitas Berbagi Pengetahuan dan Mediasi Budaya terhadap Kemampuan Inovasi Guru. 5(November 2020), 50–60.

Asfar, I. T., & Taufan, I. (2019). Analisis naratif, analisis konten, dan analisis semiotik (Penelitian kualitatif). no. January, 1-13.

Autoridad Nacional del Servicio Civil. (2021). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Citra Ningrum, C. H., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. E- JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(1), 237–249.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/795

Damayanti, L., Emaliana, I., & Kusumawardani, I. N. (2021). Textbook Evaluation According to Outcome-Based Education (OBE) Principles. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 15(1), 143–161. https://doi.org/10.19105/ojbs.v15i1.3778

Endayanti, T., & Rahmawati, I. (2018). Analisis Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013 Revisi Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2601–2612.

Evvy, M., & Kalibato, Y. (2013). jurnal-No22-Thn13-Juni2014.pdf. Jurnal Pendidikan Penabur, 14, 5–19.

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Farindhni, D. A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Peningkatan Motivasi Belajar dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2).

Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Erviana, V. Y. (2018). Pengembangan modul pendidikan multikultural berbasis karakter cinta tanah air dan nasionalis pada pembelajaran tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 80-92.

Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83-93.

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

Izzah, N. L. R. (2018). Pola asuh orang tua dalam menumbuhkan karakter cinta damai pada Siswa di MI Imami Kepanjen (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586

Khalifah, N. (2020). Analisis Nilai Karakter Pada Buku Tematik Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Purwokerto: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R. K. (2014). Analisis Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Guru Dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Eks- Karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.492

Labudasari, E. (2018, October). Membangun karakter siswa sekolah dasar melalui gerakan literasi sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018. STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Latifah, N., & Permatasari, R. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik siswa SD kelas IV kurikulum 2013. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1).

Magdalena, I., Asfari, A. I., Firstariza, A., & Rafiq, R. (2020). Analisis Karakter Dan Perkembangan Peserta Didik. Analisis Karakter Dan Perkembangan Peserta Didik, 2, 302–312. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi%0D

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk T Heru Nurgiansah Open Access at?: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP. 9(1), 33–41.

Pratiwi, A. B. (2020). Permainan tradisional engrang dari Provinsi Banten dan pembentukan karakter menghargai prestasi peserta didik MI/SD di Indonesia. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 13-28.

Purnomo, H. (2010). Makna Psikologi.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah.

Penerbit CV. Sarnu Untung.

Rahayu, Y. M. (2016). Pengaruh perubahan kurikulum 2013 terhadap perkembangan peserta didik. Jurnal Logika, XVIII(3), 22–42.

Rahma, Deasy Putri Kurnia. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Siswa Keas III Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial Kurikulum 2013.” Skripsi.

Rahmadhani, Y., Rahmat, A., & Purwianingsih, W. (2016). Pedagogical Content Knowledge (Pck) Guru Dalam Pembelajaran Biologi Sma Di Kota Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains X (2016), 6(May 2018), 17–24.

https://www.researchgate.net/publication/325257406_Pedagogical_Content_ Knowledge_PCK_Guru_dalam_Pembelajaran_Biologi_SMA_di_Kota_Cima hi

Rini Kristiantari, M. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462

Risabethe, A., & Astuti, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Sari, P. P. (2018). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), 205-217.

Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1).

Sit, M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. In Universitas Nusantara PGRI kEDIRI.

Suradika, S., Wicaksono, D., & Winata, W. (2019). Workshop Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional …, September 2019, 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5375

Tisnawati, N. (2019). Perumahan Pns Kota Metro. Ilmu Multikulturalisme, 1(1), 37–52.

Wallace, B. Y. T. C., Velasco, A., Lay, T., Zhang, J., Tromp, J., Tape, C., Liu, Q.,

Thompson, E. M., Wald, D. J., Thio, H. K., Kanamori, H., ????????, ?., Razafindrakoto, H. N. T., Martin Mai, P., Mai, P. M., Thingbaijam, K. K. S., Jordan, T. H., Juarez, A., Ji, C., … Lavallée, D. (2016).

Willy Yuberto Andrisma, S. . (2007). Metadata, citation and similar papers at core.ac.u 1. Pembagian Harta Waris Dalam Adat Tionghoa Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, 1(14 June 2007), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013.

Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033

Zainuri, A. (2018). K o n s e p d a s a r. In Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan.

Zendrato, W., Sarumaha, lsyukurn A., Studi, P., Ekonomi, P., Studi, P., Matematika, P., & Riset, K. (2018). Persepsi Guru Mata Pelajaran Peminatan Sosial Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Di Sma Negeri 1 Telukdalam. Jurnal Education Development, 6(1), 52–59. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/654

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Ningsih, I. W. ., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2023). KANDUNGAN NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT PADA BUKU TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 381–389. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18982