PENGARUH MODEL SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA

Authors

  • Angelia Linia Murni Waruwu Universitas Nias
  • Yulisman Zega Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18866

Keywords:

Model Scaffolding, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Efficacy.

Abstract

Penelitian ini didasari pada hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara, diemukan beberapa masalah yaitu (1). Kurangnya kemampuan pemahaman konsep siswa, (2). Kurangnya keyakinan diri siswa terhadap kemampuannya sendiri dalam menyelesaikan permasalahan matematika, (3). Siswa takut, ragu dan gugup menyelesaikan permasalahan yang ada di matematika. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh model scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self-efficacy  siswa. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara dengan populasi 5 kelas dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-D dan VIII-E. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Menggunakan teknik analisis data yaitu Analisis varians dua jalur (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Berdasarkan hasil analisis varian (ANOVA) pada taraf signifikan  = 0.05, diperoleh Fh(b) = 192,488 > Ftabel = 2,606. Dengan demikian Fh(b) > Ftabel, sehingga H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok siswa yang diberikan scaffolding  dengan kelompok siswa yang diberikan metode konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. (2). Karena  pada derajat kepercayaan 0,05 maka hipotesis kedua dapat diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada siswa yang memiliki tingkat self-efficacy rendah, cukup rendah, sedang, cukup tinggi dan tinggi. (3). Hasil perhitungan ANOVA dapat diketahui dari hasil pengujian hipotesis ketiga pada baris interkasi AB menunjukkan bahwa H0 ditolak berdasarkan nilai Fh(I) = 2,748 > Ftab = 2,606. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi yang signifikan antara model Scaffolding dan Self-Efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

References

Alawia, et al. 2021. Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kleas VII SMP Negeri 2 Raha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 9. No. 2.

Argawi & Pujiastuti. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol 5. No. 1.

Darmadi, Hammid. 2019. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi.: AN1MAGE

Diani, et al. 2019. Scaffolding dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Instruction (pbl): efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Self-Efficacy.Indonesian Journal of Science and Mathematics Education .Vol 2. No. 3.

Djamaludin, Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan : CV Kaaffah Learning Center.

Fahrurrozi, Hamdi. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur : Universitas Hamzawandi Press.

Fitryah, et al. 2019. Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi. Jombang : LPPM UNHASY TEBUIRENG.

Ghani, et al. 2022.Kemampuan Komunikasi Siswa SMP kelas VIII ditinjau dari Self-eEficacy. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol 5. No 4.

Graika, Dr., &Darmanah, S.E., MM. (2019). MetodologiPenelitian. Lampung Selatan : CV. Hira Tech.

Hassanah, et al. 2019.Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/. No. 2.

Kusmaryono et al. 2020. Strategi ScaffoldingPada Pembelajaran Matematika. Semarang: Unissula Press.

Lestari & Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Nurgaheni, Irma Lusi. 2018. Hubungan Self Efficacy terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa PendidikanGeografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan. Vol. 9. No. 1.

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Sleman : Deepublish.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 membahas tentang standar isi pelajaran matematika.

Yolanda, Dilla Desvi. 2020. Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Discovery. Bogor : Guepedia.

Wahyuni et al. 2022. Model Pembelajaran Scaffoding Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Journal Of Education Multidisciplinary Research. Vol. 1.

Yuliani et al. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2. No. 2.

Yulianty, Nirmalasari. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Rafflesia. Vol. 01. No. 1

Putri, Nurul Meilisa. 2021. Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Aljabar Siswa SMP. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 2. No. 2.

Riadi, edi. 2016. Metode Statistik Parametrik & Nonparametrik Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Pendidkan. Tanggerang : PT. Pustaka Mandiri.

Rochimah, Siti. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sumberagung Peterongan Jombang. Skripsi tidak diterbitkn.(online), http://etheses.uin-malang.ac.id/16734/, diakses pada 10 November 2021.

Ruqoyyah, et al. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep dan Risiliensi Matematatika dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta : CV Tre Alea Jacta Pedagogie.

Setiawan, Muhamad Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang Pendidikan.

Wakhidah, et al. Scaffolding Pendekatan Saintifik Strategi untuk Menerapkan Pendekatan Saintifik dengan mudah. Wonorobo : Jaudar Press.

Zega, 2021. Hubungan metakognitif dan self efficacy terhadap Hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika Ikip gunungsitoli. Didaktik. Vol. 15. No. 1.

Zega, 2020. Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Didaktik. Vol 14. No. 1.

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Waruwu, A. L. M. ., & Zega, Y. . (2023). PENGARUH MODEL SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 245–251. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18866