HAMBATAN DAN TANTANGAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN BIAK NUMFOR PROVINSI PAPUA DI ERA OTONOMI KHUSUS PAPUA

Authors

  • Alfasisromarakap Alfasisromarakap Universitas Negeri Jakarta
  • Ahman Ahman Universitas Negeri Jakarta
  • Sunaryo Sunaryo Universitas Negeri Jakarta
  • Achmad Achmad Universitas Negeri Jakarta
  • Husen Husen Universitas Negeri Jakarta
  • I Made Astra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1870

Keywords:

Kebijakan, Pengembangan Pendidikan

Abstract

Hambatan dan Tantangan Profil Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Biak-Numfor di Era Otonomi Khusus Papua merupakan salah satu kajian yang dilakukan di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah tokoh-tokoh kunci yang mengetahui perkembangan pendidikan di kabupaten Biak-Numfor, seperti Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Biak-Numfor,Ketua dan staf Bappeda Biak-Numfor, pengawas dan guru senior yang dipandang penulis memahami situasi dan perkembangan pendidikan di Kabupaten Biak-Numfor. Selain hasil wawancara, penulis juga melengkapi penelitian ini dengan merujuk data sekunder berupa publikasi dari badan pusat statistik setempat sebagai acuan tambahan menganalisis data.Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Metode ini dipilih karena penelitian ini lebih banyak dielaborasi dari informasi yang diperoleh dari para informan kunci yang diwawancarai.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada potensi daerah berupa sumber alam dan sumber daya manusia di daerah Biak Numfor yang kurang dimaksimalkan dalam pengembangan bidang pendidikan di kabupaten ini sehingga menimbulkan kendala dalam pengelolaan bidang pendididikan. Seperti, kurangnya guru di berbagai jenjang pendidikan, kurangnya, peningkatan kompetensi guru, rendahnya kesejahteraan guru, lemahnya pengawasan terhadap perkembangan pendidikan di setiap jenjang pendidikan, kurangnya dukungan masyarakat, terbatasnya dukungan sarana dan prasarana pendidikan, pembangunan fisik sekolah yang lebih banyak dari peserta didik, minimnya koordinasi antara pusat.

Author Biographies

Alfasisromarakap Alfasisromarakap, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

Ahman Ahman, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

Sunaryo Sunaryo, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

Achmad Achmad, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

Husen Husen, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

I Made Astra, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

References

Eka Prihatin Disas, (2020), Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Pengembangan dan Peningkatan Profesi Guru. Jurnal: Universitas Pendidikan Indonesia. Malang.

Elih Yuliah, (2020), Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pengawas Sekolah di Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Ivan, dkk (2015), Cakrawala Pendidikan. Jurnal, Februari 2015, Tahun XXXIV, No.1

Jurnal Neraca, (2017), Jurnal Neraca, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, Volume Neraca Vol. 1 No. 1 Juni 2017.

Majalah BaKTINews, Pendidikan Harmoni: Konflik Berujung Harmoni, September-Oktober 2012.

Mokhamad Ishaq Tholani, (2013), Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal: PKn STKIP Muhamadiyah Sorong.

Rustina,(2007) M.P, Pembangunan Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Ekonomi Pendidikan, Penerbit:

Prof, Dr. H. Sofyan Sauri, (2016), Strategi Pembangunan Bidang Pendidikan Untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu. Penerbit:

Umi Arifah, (2018), Kebijakan Publik Dalam Anggaran Pendidikan. Jurnal: Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, 2018.

Suyahman, (2016), Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis di Sekolah Menengah Atas Dalam Kaitannya Dengan Kualitas Pendidikan Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6. Nomor 2, November 2016.

Widya Sari, dkk (2020), Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal: Institut Agama Islam Negeri Bone. Makassar.

Very Y. Londa, ……. Implementasi Kebijakan Pendidikan Dasar Daerah Kepulauan (Studi di Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Utara). Jurnal Universitas Sam Ratulangi.

Yanuarto, …… Kebijakan Pembangunan Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Pendidikan

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Alfasisromarakap, A., Ahman, A., Sunaryo, S., Achmad, A., Husen, H., & Astra, I. M. (2021). HAMBATAN DAN TANTANGAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN BIAK NUMFOR PROVINSI PAPUA DI ERA OTONOMI KHUSUS PAPUA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 141–153. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1870