EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI TINJAUH DARI ASPEK MASUKAN, KONTEKS, PROSES DAN HASIl PADA SMAN 1 ADONARA BARAT

Authors

  • Sirilus Karolus Keroponama Keban 1Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18683

Keywords:

Evaluation, School Literacy Movement, SMAN, CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMAN 1 Adonara Barat ditinjau dari aspek konteks, masukan, proses, dan hasil,. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan respondennya adalah kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, guru dan siswa di SMAN 1 Adonara Barat. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji kredibiltas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi program GLS di SMAN 1 Adonara Barat ditinjau dari (a) aspek konteks dikategorikan berhasil karena sudah terdapat kesuaian antara dasar dan tujuan implementasi program GLS di SMAN 1 Adonara Barat dengan dasar dan tujuan GLS yang sudah pemerintah tetapkan; (b) aspek masukan dikategorikan berhasil dilihat dari tersedianya SDM, sarana prasarana, dan dana yang cukup memadai; (c) aspek proses dikategorikan berhasil dilihat dari terdapatnya aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sementara khusus bagian tahapan pelaksanaan program GLS indikator tahap pembiasaan terpenuhi 90%, tahap pengembangan terpenuhi 75%, dan tahap pembelajaran terpenuhi 73%.; (d) aspek hasil dikategorikan berhasil karena mampu menghasilkan karya berupa tulisan siswa dan guru yang sudah dipublikasikan di media cetak dan dijadikan buku. Melalui GLS terdapat peningkatan pemahaman dan pengetahuan akan program, motivasi dan semangat belajar siswa, kemampuan dan keterampilan baca tulis siswa.

References

Ananda, R., & Rafida, T. 2017. Pengantar evaluasi program pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Arifin, Z. 2019. Evaluasi program teori dan praktek dalam konteks pendidikan dan nonpendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., & Jabar, C.S.A. 2008. Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. 2018. Implementation of cipp model for quality evaluation at school level: a case study. Journal of Education and Educational Development, 5, 189-206.

Dewi, I.A.M., Padmadewi, N.N., & Artini, L.P. 2017. Primary literacy program: integrating reading and writing in the classroom. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 173, 144-147.

Magdalena, I., Akbar, M., Situmorang, R., et al. 2019. Evaluasi program gerakan literasi sekolah sekolah dasar wilayah kota dan kabupaten tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5, 230-248.

Mardaningtias, M.R. 2018 . Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Pada SMA Negeri 71 Jakarta. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Jakarta.

Maryani, I., & Maryam, S. 2017. Evaluasi pelaksanaan gerakan literasi sekolah (gls) di sd muhammadiyah wirobrajan 3 kota yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter Universitas Ahmad Dahlan.

Mas, S.R., Daud, N.K.P., & Djafri, N. 2019. Evaluasi pelaksanaan program gerakan literasi di

sekolah dasar. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4, 45-51.

Moleong, L.J. 2005. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslimin. 2018. Menumbuhkan budaya literasi dari kampung. Gotontalo: Ideas Publishing.

Praptanti, I., & Ernawati, A. 2019. Evaluasi pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (gls) ada sekolah menengah atas negeri dan swasta di wilayah purwokerto kota. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional, di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Sirilus Karolus Keroponama Keban. (2023). EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI TINJAUH DARI ASPEK MASUKAN, KONTEKS, PROSES DAN HASIl PADA SMAN 1 ADONARA BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18683