PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

Authors

  • Nur Fitri Aisyah Universitas Sriwijaya
  • Zuriah Susilawati Universitas Sriwijaya
  • Riyanto Riyanto Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18667

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, PTK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pada siklus I ketuntasan klasikalnya sebesar 84%, dan pada siklus II ketuntasan klasikalnya mencapai angka 95%. Peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus II ialah sebesar 83,81%, walaupun angka peningkatan tidak mencapai 100% tetapi upaya yang dilakukan telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Maka disimpulkan bahwa, model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan kelas X.1 di SMA Negeri 2 Palembang, berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Aisyah, N. F., ’Aini, K., Syarifah, S., Wicaksono, A., Hapida, Y., Habisukan, U. H., Nurokhman, A., Lestari, W., Oktiansyah, R., & Armanda, F. (2022). Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Menggunakan Model Problem Based Learning. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12923

Amir, M. T. (2010). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Nurdianti, Halidin, & Farman, &. (2021). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 20–28. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8672

Oktavia, W., & Taufina, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. … Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah …, 8(6), 78–88. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/9057

Rosdiawiata, E., & Sujana, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi …. Journal of Mathematics Learning, 1(1), 132–140. http://www.jml.ejournal.id/index.php/penmat/article/view/51%0Ahttp://www.jml.ejournal.id/index.php/penmat/article/download/51/31

Siswantoro, E. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar. Jurnal Edukasi, 5(1), 15. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8009

Supriadi, A., & Wanto, D. (2023). Pelaksanaan Pengambilan Keputusan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 367–382.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.

Wimudi, M., Fuadiyah, S., Zulyusri, Z., Rahmatika, H., & Azwir, A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Bernuansa Esq (Emotional Spiritual Quotient) Pada Materi Protista Kelas X Sma. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(2), 78–90. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i2.13938

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Aisyah, N. F., Susilawati, Z., & Riyanto, R. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 89–95. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18667