EDUKASI PATERNAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Authors

  • Samsi Samsi Universitas PTIQ Jakarta
  • Ahmad Zain Sarnoto Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18470

Keywords:

Edukasi, Paternal, Al-Qur’an

Abstract

Kesimpulan penilitian ini adalah edukasi paternal perspektif Al-Qur’an yang difahami sebagai pendidikan tentang menjadi ayah memiliki peran yang sangat penting dalam menyelamatkan generasi yang akan datang. Edukasi paternal perspektif Al-Qur’an mendidik ayah untuk dapat menjalankan peran domestiknya seperti; pendidikan pra nikah, persiapan pranatal anak dan setelah kelahiran anak, pendidikan kesetiaan dengan pasangan serta pendidikan pasca peceraian. Edukasi paternal juga mengajarkan bahwa ayah harus cakap dalam menjalankan tugasnya yang terkait dengan peran publik seperti; peran ayah sebagai pencari nafkah, peran dalam berinteraksi sosial, dan peran sebagai pemimpin masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode penafsiran ayat Al-Qur’an yang digunakan adalah metode tafsir Maudhu’i/tematik.  Kedua metode tersebut digunakan untuk melakukan observasi surat dan ayat Al-Qur’an yang mengandung adanya petunjuk terkait edukasi paternal.

References

Abdullah, S. M. (2016). Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak (Paternal Involvement)?: Sebuah Tinjauan Teoritis. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Al-Bukhari, A.-I. A. A. M. bin I. bin I. bin M. bin B. (n.d.). Shahih Bukhari, Jilid 7. t.k: Dâr al-Fikr.

Benu, R. C., Thoomaszen, F. W., Novianti, B., Kiling-Bunga, & Kiling, I. Y. (2016). GAMBARAN Paternal Responsibility Dalam Pengasuhan Anak , Usia Dini Ratoe. Humanitas, 13(2), 160–172.

Blesky. (1989). The Determinant of Parenting; Process Model, Child Development. Child Development, 55(1), 85–96.

Dhillon HS, Sasidharan S, Dhillon GK, B. M. (2022). Paternal depression: “The silent pandemic”. Ind Psychiatry J., 31(2), 350-353. https://doi.org/10.4103/ipj.ipj_236_20. Epub 2022 Jun 18

Hajnaczky. (2019). Paternal depression in a “stay-at-home” father. Official Journal Of The Hungarian Association Of Psychopharmacology, 21(3), 136–141.

Hawari, D. (1997). Al Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. PT Dana Bhakti Prima Yasa.

Hebrard, M. J. (2017). The Perceptions of Father Involvement in Elementary Schools. https://Dc.Etsu.Edu/Etd/3291.

Ibnu Katsir. (2003). Tafsir Ibnu Kasir (terj), Jilid 5. Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi’I.

KPAI. (2019). Peran Ayah masih Rendah dalam Keluarga. Https://Www.Kpai.Go.Id/Berita/Survey-Kpai-Peran Ayah Masih Rendah Dalam Keluarga.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maulana, M. (2007). Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Yogyakarta: Katakati.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung?: Remaja Rosdakarya.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Sari, W. D., Sarnoto, A. Z., & Alhan, K. (2023). Kepuasan Orang Tua terhadap Program Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3658–3663.

Sarnoto, A. Z. (2015). Membangun Karakter Bermasyarakat dan bernegara dengan Nilai-nilai Pancasila. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 33–39.

Sarnoto, A. Z. (2016). Keluarga Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 48–58.

Sarnoto, A. Z. (2021). Psikologi perkembangan anak usia dini perspektif Al-Qur’an. Bekasi: Faza Amanah.

Sarnoto, A. Z., & Aprilianti, I. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Keberhasilan Menghafal Qur’an Di Pesantren Tahfizh Qur’an Fantastis Depok Jawa Barat. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 9(2), 6–14.

Sarnoto, A. Z., & Fadhliyah, N. (2022). Kompetensi Sosial Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(2), 305–322. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v12i2.1426

Sarnoto, A. Z., & Farida, N. (2021). Lingkungan Pendidikan Perspektif Al-QUr’an. Jurnal Profesi, 10(2), 114–126.

Sarnoto, A. Z., & Siregar, R. J. (2019). Edukasi Maternal Perspektif Al-Qur’an. Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.1353/sof.0.0233

Shihab, M. Q. (2006). Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Quran (Volume 15, Juz Amma) (V). Jakarta: Lentera Hati.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.

Sundari, A. R., & Herdajani, F. (2013). Dampak Fatherless terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI, 257, 256-271.

Warouw, R. M., Warouw, D. M. D., & Waleleng, G. J. (2021). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Mencegah Konsumsi Minuman Keras Pada Remaja Di Desa Paslaten Kecamatan Kakas. Acta Diurna Komunikasi, 3(3), 1–7.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Samsi, S., & Sarnoto, A. Z. . (2023). EDUKASI PATERNAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 644–651. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18470