NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI ANAK GIHA MAYAU DI SANGGAR PERMATA IJE JELA BARITO KUALA

Authors

  • Dewi Rukmini Sulistyawati STKIP PGRI Banjarmasin
  • Suwarjiya Suwarjiya STKIP PGRI Banjarmasin
  • Sri Noor Aini STKIP PGRI Banjarmasin

Keywords:

Tari Giha Mayau, Bentuk Penyajian Tari, Nilai Pendidikan Karakter.

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu berkenaan dengan Bantuk Penyajian Tari Giha Mayau serta Nilai Pendidikan Karakter Tari Giha Mayau. Tari Giha Mayau merupakan tari anak garapan baru yang diciptakan oleh Qoriyatun Ardita S. Pd dan Nisa Shadin S. Pd pada tahun 2021 pada saat mengikuti perlombaan tari anak tingkat SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan bentuk penyajian tari Giha Mayau dan 2) menjelasan nilai-nilai Pendidikan Karakter pada tari Giha Mayau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) tari Giha Mayau merupakan tari anak yang dibuat untuk mengikuti lomba tari anak tingkat SD pada tahun 2021 yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan.dan meraih juara 2. Tema tari adalah permainan anak dengan gerak  berpijak  pada gerak tradisi Banjar yang dipadukan dengan stilisasi permainan anak. Tata busana sederhana sesuai tema, dan  memasukkan motif khas Kalimantan Selatan yaitu sasirangan.desain lantai, iringan musik tari, tata rias dan busana, properti tari, tata cahaya, ruang pentas dan penari. (3) dari hasil analisis bentuk penyajian tari dapat disimpulkan nilai yang terkandung pendidikan karakter terdapat pada ragam gerak tari, properti tari dan iringan musik tari. Nilai pendidikan karakter pada ragam gerak tari yaitu nilai bersahabat/ komuniktif, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, peduli lingkungan, tanggung jawab, serta kreatif. Sedangkan nilai pendidikan karakter pada properti tari yaitu ada nilai pendidikan disiplin, kerja keras, kreatif, bersahabat/ komuniktif, serta mandiri. Nilai pendidikan karakter yang terdapat pada iringan musik tari Giha Mayau ini terdapat pada lirik lagu-lagu permainan yang termuat pada tari Giha Mayau ini.   tersebut.

References

Alis Triena Permanasari, Dwi Junianti, Fuja Siti Fujiawati. 2018. Penerapan Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sendratasik UNTIRTA jurnal Pendidikan dan Kajiam Seni.(138).FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Apriliya. 2020. Pengembangan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. (2).

DamarioTimes. 2022. Tahukah tentang fungsi tari anak-anak.

Dr. Robby Hidajat, M.Sn. 2018. Tari pendidikan pengajaran seni tari untuk pendidikan.

Drs. Sirajul Huda HM. 2015. Permainan tradisional rakyat Kalimantan Selatan.

Haryanto. 2012. Dalam artikel “Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli”.Universitas Muhammadiyah Malang.

Hadi, Y. S. (2012). Koreografi Bentuk-Teknik- isi. Yogyakarta : Cipta Media

Irwan Baadilla, Rafida Rachma. 2021. Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Terbitan Erlangga jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (11).

Murgianto, S. (1983). Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Jakarta : Depdikbud

Nainul Khutniah & Veronica Eny Iryanti. 2012. Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati Di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara Jurnal Seni Tari.(12) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Megeri Semarang, Indonesia.

Novi Mulyani, M.Pd.I. 2017. Pengambangan Seni Anak Usia Dini (41).

Seman Syamsiar. 2002. Permainan Tradisional Orang Banjar. Banjarmasin Yayasan Pendidikan Nusantara.

Supriyatun. 2014. Eksistensi Kesenian Tradisional Shalawatan Samanan Dalam Tradisi Mauudan Di Dusun Jolosutra Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Yogyakarta.(12).Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Sulistyawati , D. R. ., Suwarjiya, S., & Aini, S. N. . (2023). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI ANAK GIHA MAYAU DI SANGGAR PERMATA IJE JELA BARITO KUALA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 580–587. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18418