PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 6 LAHEWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18351Keywords:
Numbered Head Together, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan peneliti peneliti di SMP Negeri 6 Lahewa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti ditemukan beberapa permasalahan yaitu: saat kegiatan belajar mengajar berlangsung peserta didik kurang terlibat aktif, peserta didik kurang memperhatikan penjelasan materi pelajaran yang disampaikan guru di depan kelas, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA masih tergolong cukup. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diperoleh rata-rata hasil refleksi Siklus I yaitu 61,37% dengan kriteria cukup dan di Siklus II yaitu 84,11% dengan kriteria baik. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diperoleh nilai rata-rata hasil belajar di Siklus I yaitu 70,68 dengan kriteria cukup dan di Siklus II yaitu 83,41 dengan kriteria baik.References
Ali, Lalu Usman. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, Vol. 6, No. 2, Hal. 103-112.
Aprida dan Muhammad. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Literatur, Vol. 3, No. 2, Hal. 330-342.
Bistari. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol. 1, No. 2, Hal. 1-13.
Carroline, Desty dkk. (2018). Penerapan Model Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Biologi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas VII. Jurnal Kajian Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Hal. 1-16.
Darmawan, dkk. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pembelajaran Kooperatif, Vol. 8, No. 1, Hal. 321-338.
Diana, Luluk Mauli, dkk. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, Vol. 9, No. 2, Hal. 201-211.
Elviana dan Lili. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Menulis Karangan Persuasi. Jurnal Elemen, Vol. 2, No. 1, Hal. 37-49.
Eneng. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Cooperatif Learning Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Vol. 6, No. 2, Hal. 117-128.
Erfan, Muhammad, dkk. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, Vol. 8, No. 1, Hal. 108-118.
Ernawati dan Ahmad Yani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1, Hal. 1-14.
Ertin, Lusia Katarina Nona, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 2 Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, Vol. 2, No. 3, Hal. 9-17.
Faozi, Mohamad. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Bioteknologi Pada Siswa SMP Negeri 2 Tarub. Joyful Learning Journal, Vol. 2, No. 1, Hal. 1-11.
Hesti, dkk. (2018). Penerapan Metode Cooperatif Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Hal. 118-219.
Husniarti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Virus Kelas X-IPA-4 SMA Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, Vol. 3, No. 4, Hal. 162-174.
Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Marsaoly, Najamudin. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri Kecamatan Sulabesi Barat Kabupaten Kepulauan Sula. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 8, No. 1, Hal. 262-268.
Murwanto, Sri. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head-Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Jurnal Sainsmat, Vol. IX, No. 1, Hal. 14-28.
Putri dan Adeng. (2018). Penerapan Model Cooperatif Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol. 5, No. 4, Hal. 42-54.
Sardiyanah. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jurnal Didaktik, Vol. 10, No. 2, Hal. 66-79.
Shindia, dkk. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri Berbasis Cooperatif Learning. Research and Development Journal Of Education, Vol. 2, No. 3, Hal. 1-15.
Simanungkalit, Marihot. (2020). Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Biologi. Jurnal TIK dalam Pendidikan, Vol. 7, No. 1, Hal. 89-102.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Teni, Rahmani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 3, No. 1, Hal. 171-184.
Zulyadaini. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Model Cooperatif Learning Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 16, No. 1, Hal. 151-166.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Martha Tyen Lase, Natalia Kristiani Lase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.