EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM RANAH ASPEK KOGNITIF PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR PADA MI ASSALAFIYAH TIMBANGREJA

Authors

  • Kusuma Ningtyas Pramita Resya Instutut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18247

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Aspek Kognitif, Pendidikan Dasar, Metode Evaluasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metode evaluasi yang digunakan dalam aspek kognitif, mengidentifikasi keberhasilan dan tantangan yang dihadapi dalam proses evaluasi, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan evaluasi pembelajaran di jenjang pendidikan dasar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan penggunaan instrument evaluasi yang relevan. Partisipan penelitian terdiri dari guru dan siswa pada jenjang pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi metode evaluasi yang digunakan dalam aspek kognitif, termasuk testulis, ujian lisan, proyek, dan tugas terstruktur. Evaluasi formatif juga digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa selama proses pembelajaran. Meskipun evaluasi pembelajaran dalam aspek kognitif di jenjang pendidikan dasar secara umum berhasil, tantangan seperti kekurangan waktu, kebutuhan untuk mengembangkan instrument evaluasi yang lebih baik, dan penyesuaian dengan kebutuhan individu siswa masih perlu diatasi. Rekomendasi untuk meningkatkan evaluasi pembelajaran meliputi pengembangan instrument evaluasi yang sesuai dengan karakteristik siswa, penggunaan teknologi dalam evaluasi, pelatihan guru dalam menyusun dan menerapkan evaluasi yang efektif, dan pemberian perhatian khusus pada siswa yang membutuhkan dukungan tambahan. Kesimpulannya, evaluasi pembelajaran dalam ranah aspek kognitif pada jenjang pendidikan dasar memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dengan penggunaan metode evaluasi yang relevan dan penerapan rekomendasi yang tepat, evaluasi pembelajaran dapat memberikan informasi yang berharga untuk meningkatkan proses pembelajaran dan prestasi siswa di jenjang pendidikan dasar.

References

Akhyak. (2021). Mencetak Sdm Unggul Bebas Miskonsepsi Via Daring-Luring Di Masa Pandemi Covid19 Berbasis Amaliyah Qurany. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/358459329

Amelia, D., Susanto, & Fatahillah, A. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas Vii-A Di Smpn 14 Jember.

Dwitalia Sari, D. (2021). Permasalahan Guru Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring Problems Faced By Teachers In Elementary School During Online Learning. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(02), 27–35.

Ediana, A. (2018). Evaluasi Pembelajaran Di Sd Dan Mi.

Haryati, T. A. (2012). Modernitas Dalam Perspektif Seyyed Hossein Nasr. Jurnal Penelitian, 8(2). Https://Doi.Org/10.28918/Jupe.V8i2.84

Hasiholan, R., Sekolah, H., Agama, T., Kupang, K. N., & Tenggara Timur, N. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes Dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik. In Copyright©. Http://Www.Jurnalbia.Com/Index.Php/Bia

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.

Magdalena, I., Mulyani, F., Fitriyani, N., & Delvia, A. H. (2020). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Di Sd Negeri Bencongan 1.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., & Rini, E. S. (2021). Analsisi Taksonomi Bloom Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Kosambi 06 Pagi. In Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 2). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Nusantara

Muhyidin, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas Awal Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 4(2).

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.34007/Ppd.V1i1.181

Nuriyah, N. (2019). Evaluasi Pembelajaran.

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran Di Kelas. Jira: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. Https://Doi.Org/10.47387/Jira.V3i2.262

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., Fia, &, & Putri, A. (2022a). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Uraian Dan Tes Objektif. Jurnal Papeda, 4(2).

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., Fia, &, & Putri, A. (2022b). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Uraian Dan Tes Objektif. Jurnal Papeda, 4(2).

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Resya, K. N. P. . (2023). EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM RANAH ASPEK KOGNITIF PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR PADA MI ASSALAFIYAH TIMBANGREJA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18247