PENINGKATAN KEMAMPUAN PENDIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Arif Ismunandar Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Darusy Syafa’ah Lampung Tengah
  • Aang Kurnia Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Darusy Syafa’ah Lampung Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18234

Keywords:

Kemampuan, Pendidik, Era Society 5.0.

Abstract

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kualitas pengajaran yang dilaksanakan. Oleh karena itu, seorang pendidik harus mampu mamikirkan dan membuat perencanaan dengan seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya. Penguasaan teknologi dan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) pada era society 5.0 ini memang tidak dapat dipisahkan, sehingga menjadi salah satu pemenuhan unsur kompetensi dalam mendidik. Dalam setiap implementasi pembelajaran era society 5.0, kemampuan SDM harus dapat ditingkatkan baik dalam kemampuan berpikir kritis, bernalar, kretatif, komunikatif, kolaboratif, dan memiliki kemampuan problem solving sehingga sistem pembelajaran berbasis teknologi dan ilmu sosial dapat diintegrasikan. Tulisan ini memaparkan tentang pentingnya kompetensi dan paradigma mengajar guru dapat saling mendukung dalam mencapai profesionalisme mengajar guru. Pemaparan tulisan ini didasarkan pada analisis dari data pustaka dengan model deskriptif.  Dari hasil pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa era society 5.0 atau era dimana manusia berkolaborasi dengan teknologi. Peran pendidik tidak hanya dituntut profesional dalam mengajar, namun juga dituntut untuk dapat aktif dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Profesionalisme dan kompetensi harus sejajar dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pendidik. Guru yang profesional serta mampu menerapakn berbagai sumber dan metode dalam mengajar merupakan kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. Guru yang memiliki kemampuan profesional adalah orang yang terdidik dan terlatih dengan baik dan mampu mengembangkan diri dalam meningkatkan kemampuan sesuai perkembangan zaman.

References

Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Damsar. 2012. Pengantar Sosialogi Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Deden Makbuloh. 2011. Manajemen Mutu Pendidikan Islam Model pengembangan Teori dan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama RI. 2002. Modul dan Model Pelatihan Pengawas Pendais, Jakarta.

E Mulyasa. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hafiedh Hasan dan Arif Ismunandar. 2022. Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Al Qiyam, Vol 3 (2), 214-222, https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i2.285.

I Komang Sekta Derbi Demokeranata & I Wayan Ruspendi Junaedi, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profesionalitas Kerja Karyawan Potato Head Beach Club Bali, dalam Jurnal Volume 10, No. 2 Agustus 2015.

Ismunandar, Arif. 2020. "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.

Ismunandar, Arif. 2022. "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.

Jaja Jahari, Amirullah Syarbini. 2013. Manajemen Madrasah, Teori, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

M. Ngalim Purwanto. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Ngalim Purwanto. 2004. Ilmu Pendidiakan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Piet A. Sahertian. 2000. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pius A. Partanto & M. Dahlan Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola.

Supriadi. 1998. Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: Paramadina.

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta: Erlangga.

Soekidjo Notoatmojo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran, Cet. 12, Bandung: Alfabeta.

Uhar Suharsaputra. 2010. Administrasi Pendidikan, Bandung: Refika aditama.

Undang-Undang Repulik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2006). UU RI Nomor 14 Tahun 2005.

Wina Sanjaya. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Ismunandar, A. ., & Kurnia, A. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENDIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 388–397. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18234