PENGALAMAN BIMBINGAN TUGAS AKHIR, PERSPEKTIF MAHASISWA

Authors

  • M. Dahlan R UIKA Bogor
  • Noor Isna Alfaien UIKA Bogor
  • Alfina Ramadhani UIKA Bogor
  • Inas Yasmina Salsabila UIKA Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18233

Keywords:

Final Project, Guidance, Experience

Abstract

Tugas akhir menjadi kewajiban bagi mahasiswa diperguruan tinggi untuk diselesaikan sebagai syarat kelulusannya, dalam setiap tugas akhir akan didampingi oleh pembimbing yang memberikan arahan dan motivasi bagi mahasiswa, serta menjadi pengalaman tersendiri yang berharga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembimbing tugas akhir. Penelitian berbasis survei ini dilaksanakan di prodi PAI FAI UIKA, dilaksankaan sejak 1-20 Agustus 2023, dengan jumlah responden sebanyatk 246 orang angkatan 2018, sampel diambil dengan cara purposif sampling. Angket dikembangkan dengan 3 indikator dalam 23 pernyataan bentuk google form dan disebarkan memalui whatshap group, dilakukan validasi dengan diskusi sejawat dan dianalisis dengan prosentase sederhana dengan interval penilaian 1-5. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembimbing memiliki waktu cukup (3) dalam melaksanakan bimbingan,  dan cukup (3) dalam memotivasi dan memberikan perhatian dinyatakan oleh 60% dan 54% responden, serta perlu peningkatan kompetensi dinyatakan oleh 81% responden

References

Aslinawati, E. N., & Mintarti, S. U. (2017). Keterlambatan penyelesaian skripsi mahasiswa angkatan 2012 (studi kasus di jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi universitas negeri malang). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 23–33.

Beauty, S., & Widodo, A. (2011). Hubungan antara peran dosen pembimbing dengan kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi tugas akhir skripsi di Fakultas Ilmu Kesehatan UMS.

Fikry, T. R. (2017). Kecerdasan emosional dan kecemasan mahasiswa bimbingan skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108–115.

Hamid, R. (2015). Penyebab keterlambatan mahasiswa menyelesaikan studi S1 di IAIN Antasari Banjarmasin.

Indriati, E. (2023). Menulis Karya Ilmiah: Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Gramedia Pustaka Utama.

Juita, D., & Yusmaridi, M. (2020). Kualitas Proses Bimbingan Skripsi Mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci di Masa Pandemi Covid 19. Natural Science, 6(2), 135–143.

Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prnsip Dasar Penelitian Ilmiah. Research Report.

Mardiyah, I. (2022). Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Uin Raden Intan Lampung. Uin Raden Intan Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Megawati, R., & Damayanti, M. (2021). Peran Dosen Pembimbing Skripsi dalam Proses Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa. Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST), 4(1), 33–39.

Purba, R. K. (2020). Analisis Faktor Penghambat Keterlambatan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan Angkatan 2013 dan 2014 dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir. Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739.

Siswanto, I., & Sampurno, Y. G. (2015). Faktor-faktor penghambat pengerjaan tugas akhir skripsi mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Jurnal Taman Vokasi, 3(1).

Sitompul, H., Rosnelli, R., Daryanto, E., Sitanggang, N., & Mulyana, D. (2018). Kualitas Dosen dalam Pembimbingan Skripsi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 20(1), 24–29.

Supeni, S. (2018). Penulisan karya ilmiah sebagai implementasi pengembangan kompotensi profesi guru pada guru SMP Widyawacana I Surakarta. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 174–183.

Twum, F. O., & Peprah, W. K. (2020). The impact of service quality on students’ satisfaction. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(10), 169–181.

Wiyatmo, Y., Mundilarto, S., & Widodo, E. (2010). Efektivitas Bimbingan Tugas Akhir Skripsi (TAS) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. In Dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, hal (hal. 405–414).

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

M. Dahlan R, Noor Isna Alfaien, Alfina Ramadhani, & Inas Yasmina Salsabila. (2023). PENGALAMAN BIMBINGAN TUGAS AKHIR, PERSPEKTIF MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 483–489. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18233