TIGA PONDASI PENGETAHUAN DASAR DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • Muhamad Imam Mutamaqin Universitas Islam Tribakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18072

Keywords:

Bidang keilmuan dasar, kunci sukses belajar.

Abstract

Dalam artikel ini, penulis mengurai pentingnya memiliki tiga bidang keilmuan yang, menurut penulis, sifatnya mendasar yang merupakan merupakan bidang-bidang yang esensial yang harus dimiliki dalam masa menempuh pendidikan agar kelak sukses dalam menuntut ilmu dan menjalani kehidupan. Tiga bidang tersebut adalah 1. Bidang  keilmuan Agama; 2. Bidang keilmuan Bahasa; 3. Bidang keilmuan Matematika. Dari hasil studi yang dilakukan penulis mendapatkan hasil bahwa tiga bidang keilmuan ini merupakan hal yang sangat penting dan fundamental serta sangat diperlukan ketika sedang mengenyam pendidikan dan akan selalu dipakai di segala sisi kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki tiga bidang keilmuan ini, pemakainya akan menjadi orang yang agamis, berbudi pekerti luhur, ilmiah, rasional, dan dapat berinteraksi dengan baik.

References

Avevor, Francis. (2022). Importance of Mathematics in Computer Science, Engineering and Technology (CSET) Education. International Journal of Research and Scientific Innovation (IJRSI).

Bloch, B., dan Trager, G., L. 1942. Outline of Linguistic Analysis. U.S. Waverly Press Inc

D’ambrosio, U. (1999). The Role of Mathematics in Building a Democratic Society.

Henderson, P., B. (2005). The Role of Mathematics in Computer Science and Software Engineering. Elsevier Inc. 349-395

Kaelan. 1998. Filsafat Bahasa, Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta. Paradigma

Maass, K., Geiger, V., Ariza, M.R., Goos, M. (2019). The Role of Mathematics in interdisciplinary STEM education. Springer, 869-884

Revita, Y., Marsidin, S., Sulastri, S. (2023). Peran Bahasa dalam Penerapan Ilmu Pengetahuan. Journal on Education. 05(02). 2981-2987

Shaleh, A., I., Wisnaeni, F. (2019). Hubungan Agama dan Negara Menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia. 1(2). 237-249

Situmorang, R., P. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya. 32(1)

Sormin, D. (2019). Peran agama dalam membangun Karakter bangsa Education. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. II(02). 230-246

Steen, Lynn Arthur, ed. 2001.Mathematics and Democracy: The Case for Quantitative Literacy. Princeton, NJ: National Council on Educa-tion and the Disciplines

Yee, F., P. (2002). The Role of Problems to Enhance Pedagogical Practices in the Singapore Mathematics Classroom. The Mathematics Educator. 6(2). 15-31

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Muhamad Imam Mutamaqin. (2023). TIGA PONDASI PENGETAHUAN DASAR DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 381–387. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18072