KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN BISSOLORO KEC.BUNGAYA KAB.GOWA

Authors

  • Amiruddin Amiruddin Universitas Patompo Makassar
  • Muh Yunus Universitas Patompo Makassar
  • Husain As Universitas Patompo Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18015

Keywords:

Kesiapan, Guru, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kesiapan guru untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, 2) faktor-faktor yang mendukung 3) Kendala yang menghambat 4) Bantuan yang diharapkan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDN Bissoloro Kec. Bungaya Kab. Gowa. Metode penelitian penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu guru di SDN Bissoloro. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 1) Guru belum sepenuhnya siap mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDN Bissoloro, 2) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu kesiapan guru, sarana dan prasarana yang memadai, serta partisipasi aktif dari seluruh stakeholder, 3) Kendala dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu kurangnya referensi terkait panduan pelaksanaan kurikulum merdeka, belum tersedianya buku siswa yang sesuai dengan kurikulum, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya pelatihan dan pendampingan guru untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru, 4) Bantuan yang diharapkan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka berupa pelatihan, pendampingan, sumber belajar dan sumber referensi baik untuk guru maupun buku untuk siswa serta program-program lainnya. Dapat disimpulkan bahwa secara umum guru belum siap untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDN Bissoloro Kec. Bungaya Kab.Gowa.

References

Ahmadi. (2013). Manajemen Kurikulum:Pendidikan Kecakapan Hidup. Pustaka Ifada.

Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajerial, 17(1), 95. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9767

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., & Herutami, I. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123.

Arifin, Z. (2011). Konsep & Model Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Bahri, S. (2022). Pemulihan Pembelajaran di Sekolah Melalui Kurikulum Prototipe. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 204–215. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p204-215

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistik, 1–14.

Chaniago, S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi. Sultra Educational Journal, 2(4), 184–191.

Ekawati, R., & Susanti, D. (2022). Analisis Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Muhammadiyah Kota Padang. Media Ilmu, 1(1), 33–39.

Ekayana, A. A. G. (2011). Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa Dan Guru Di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, April.

Erviana, V. Y. (2013). Emotive-Attitudeinal Readiness, Cognitive Readiness,. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2).

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 37.

Kemendikbudristek. (2021). Kebijakan Kurikulum untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, November, 2021.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbud RI.

Kunandar. (2013). Penelitian Autentik berdasarkan Kurikulum 2013. PT. Raja Grafindo Persada.

Laila, Q. N. (2015). Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura. Jurnal Program Studi PGMI.

Linda. (2022). Kurikulum Merdeka dengan Berbagai Keunggulan. PSKP Kemendikbudristek.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Rosdakarya.

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku: Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar.

Pertiwi, P. D., Noviyalosi, Nindiasari, H., & Sukirwan. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726.

Prihatini, A., & Sugiarti. (2022). Citra Kurikulum Baru?: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, I(2), 58–70. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7447

Purba, P. B., Siregar, R. S., Suryani, D., Ilman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata, J., & Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,. Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Sunarni, & Karyono, H. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(02), 1619–1621.

Susanti, H., Fadriati, F., & B.S, I. A. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Alsys, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766

Uhbiyati, N. (2008). Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Pustaka Setia.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Amiruddin, A., Yunus, M. ., & As, H. . (2023). KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN BISSOLORO KEC.BUNGAYA KAB.GOWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 279–286. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18015