SISTEM SUBAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Ida Bagus Weda Wigena Universitas Negeri Manado
  • Grystin Djein Sumilat Universitas Negeri Manado
  • Arif Sobirin Wibowo Universitas Negeri Manado

Keywords:

Sistem Subak, Sumber Belajar IPS, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) menginterpretasi nilai-nilai kearifan lokal berlandaskan Tri Hita Karana dalam sistem subak yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS, (2) menganalisis relevansi sistem subak dalam rangka mendukung pembelajaran IPS sesuai ketentuan dalam kurikulum merdeka, dan (3) merumuskan alur cara pengintegrasian sistem subak sebagai sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran IPS. Penelitian kualitatif ini mengambil subjek pengurus organisasi subak utamanya ketua dan atau beberapa petani subak. Objek penelitian adalah beberapa organisasi subak di Bali yang dipilih secara acak. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi antara observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai-nilai kearifan lokal dalam sistem subak yang berlandaskan Tri Hita Karana dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS kurikulum merdeka. (2) Sistem subak berlandaskan Tri Hita Karana relevan dalam mendukung pembelajaran IPS yang kontekstual sesuai ketentuan dalam kurikulum merdeka, utamanya dalam capaian pembelajaran elemen keterampilan proses. (3) Salah satu cara untuk mengintegrasikan sistem subak sebagai sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran IPS adalah menggunakan model pengintegrasian berdasarkan tema.

References

Al Muchtar, Suwarma. 2001. Epistemologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Alma, Buchari dan M. Harlasgunawan. 2003. Saduran Buku Hakekat Studi Sosial (The Nature of Social Studies) karya Robert Barr et.al. Bandung: Alvabeta.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Geria, I Made, et.al. 2019. Subak Sebagai Benteng Konservasi Peradaban Bali. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Arkeologi, Vol. 37, No. 1 (hlm. 39-54).

Hamzah, Mohamad Rifqi dkk. 2022. Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, Vol. 2, No. 4 (hlm. 553-559).

Karima, Muhammad Kaulan dan Ramadhani. 2018. Permasalahan Pendidikan IPS dan Strategi Jitu Pemecahannya. Jurnal ITTIHAD, Vol. 1, No. 1 (hlm. 43-53).

Lasmawan, I Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia.

Lorenzen, Rachel P. and Stephan Lorenzen. 2011. Changing Realities—Perspectives on Balinese Rice Cultivation. Hum Ecol Vol. 39, No.29.

MacRae, Graeme S. and Arthawiguna I. W. A., Sustainable Agricultural Development in Bali: Is the Subak an Obstacle, an Agent or Subject?. Hum Ecol 39, 11 (2011)

Mery, dkk. 2022. Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 5 (hlm.7840-7849).

Nursa’ban, dkk. 2021. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (untuk SMP Kelas VII). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbudristek.

Rahayu, Sri. 2022. Tantangan Pembelajaran IPS terhadap Isu Global. Jurnal Education Social Science, Vol. 2, No.1 (hlm. 40-50).

Safitri, Andriani dkk. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4 (hlm.7076-7086).

Sardiman, AM. 2014. Posisi IPS, Tantangan Masa Depan, dan Alternatif Baru. Jurnal Socia, Vol. 11, No. 2 (hlm. 140-150).

Setiawati, Gusti Ayu Dewi. 2013. Pemanfaatan Subak dalam Pembelajaran IPA (Upaya Mewujudkan Pembelajaran IPA yang Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Jurnal Prosiding Seminar Nasional MIPA, Vol. 3, No. 1 (hlm. 199-206).

Somantri, Muhammad Numan (ed). 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sriartha, I Putu, and Sri Rum Giyarsih, Spatial Zonation Model of Local Irrigation System Sustainability (A Case of Subak System in Bali). Indonesian Journal of Geography 47, 142 (2015)

Sriartha, I Putu, and Wayan Windia, Efektivitas Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Mengendalikan Alih Fungsi Lahan Sawah Subak: Studi Kasus di Kabupaten Badung, Bali. Journal of Bali Studies 05, 327 (2015).

Sudiana, I Made, dan I Ketut Surata, IPA Biologi Terintegrasi Etnosains Subak untuk Siswa SMP: Analisis Tentang Pengetahuan Tradisional (Etnosains) Subak yang Dapat Diintegrasikan dengan Materi Biologi SMP. Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) 8, 43 (2010)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alvabeta.

Sulistyosari, Yunike dkk. 2022. Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Harmony, Vol. 7, No.2 (hlm 66-75).

Surata, Sang Putu Kaler, I Ketut Arnawa, dan I Gusti Agung Sri Rwa Jayantini. 2012. Ekopedagogi: Pelibatan Mahasiswa Calon Guru dalam Integrasi Lansekap Budaya Subak dan MapPack ke dalam Kurikulum Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar. (Makalah). Disajikan pada Proceeding Seminar Nasional yang bertema Cakrawala Pembelajaran Berkualitas di Indonesia, Jakarta, tanggal 25-27 September 2012.

Surata, Sang Putu Kaler, Pembelajaran Lintas Budaya: Penggunaan Subak sebagai Model “Ecopedagogy”. Journal of Bali Studies 03, 181 (2013)

Sutawan, Nyoman, Organisasi dan Manajemen Subak di Bali (Pustaka Bali Post, Denpasar, 2008)

Wigena, Ida Bagus Weda. 2019. Subak Kini dan Nanti: Sistem Subak dan Relevansinya Bagi Pendidikan. Badung, Bali: Nilacakra.

Windia, Wayan, Sumiyati, dan Gede Sedana, Aspek Ritual pada Sistem Irigasi Subak sebagai Warisan Budaya Dunia. Journal of Bali Studies 05, 23 (2015b).

Windia, Wayan. 2018. Kebertahanan Subak di Era Globalisasi. Jurnal Bappeda Litbang, Vol. 1, No. 2 (hlm. 125-143).

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Wigena, I. B. W., Sumilat, G. D. ., & Wibowo, A. S. . (2023). SISTEM SUBAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 202–209. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/17966