THE DEVELOPMENT OF READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT BASED ON TEACHING STRATEGIES FOR GRADE X STUDENTS OF SMK ESA PRAKARSA LANGKAT

Authors

  • Widharmawanta Ginting Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Azhary Tambusai Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Teguh Satria Amin Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17684

Keywords:

Mengembangkan Capaian Pemahaman Membaca, Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), Pemahaman Membaca.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan capaian pemahaman bacaan berdasarkan strategi mengajar bagi siswa GRADE X SMK ESA Prakarsa.  Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan capaian pemahaman bacaan dengan menggunakan Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) sebagai strategi dalam mengajarkan pemahaman membaca. Untuk mencapai tujuan tersebut,  diperlukan pendekatan penelitian yang menyoroti upaya untuk menghasilkan strategi pengajaran pemahaman membaca. Oleh karena itu, dalam merancang model, peneliti menggunakan pendekatan Research and Development dengan mengadaptasi Borg and Gall Model.  Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Esa Prakarsa Langkat pada kelas XI tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling.  Peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu data  deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dan hasil kuantitatif diperoleh dari ahli validasi kuesioner, review ahli materi dan ahli strategi pengajaran. Data tersebut berasal dari uji coba lapangan yang diperoleh dari komentar atau tanggapan, hasil kuesioner dan hasil tes. Instrumen pengumpulan data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada 35 responden untuk mendapatkan kebutuhan siswa.  Nilai tengah dari kuesioner yang berhubungan dengan kesesuaian materi adalah 3,22.  Nilai tengahnya termasuk dalam kategori "Baik" karena berada dalam interval 2,50 < x < 3,24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi bacaan sesuai untuk siswa Kelas X SMK.  Peneliti menggunakan tes untuk mengetahui strategi  pemahaman bacaan siswa berdasarkan  strategi resiprokal questioning (request) sebagai strategi dan  tes dilakukan dua kali; pre-test dan post-test. Kemudian, uji-t digunakan untuk menganalisis data. Hasil data di atas adalah nilai uji-t lebih tinggi tabel t (1 2,75 > 1. 688) pada tingkat signifikansi 0,05 untuk derajat kebebasan (df)  = 35-2 = 33. Artinya, Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) berpengaruh signifikan terhadap capaian pemahaman bacaan siswa.

References

Buss, Lauren M. 2005. Using Reading Response Journals for Reading Comprehension. Journal for Reading. Vol 8 (1) pp 1-7.

Day, Richard. R and Park, Jeong-suk. 2005. Developing Reading Comprehension questions. Journal of Reading in a Foreign Language. Vol 17 (1) pp 60-73

Gall, M, D., Gall, J. P., & Borg, W. R. Educational Research an Introduction, p.775-776

Goodman, K. (1970). Reading: A psycholinguistic guessing game. In H. Singer & R. Ruddell (Eds), Theoretical models and process of reading. Newark, DE: International Reading Association .

Grabe, W & F Stoller. 2002. Teaching and Researching Reading. Harlow: Pearson Education.

Harmer, Jeremy. 2003. The Practice of English Language Teaching (3rd ed). Harlow: Pearson Education.

Reston, VA: National Association of secondary School Principals.

Knapp, Peter., & Megan Watkins. 2005. Genre, Text and Grammar. Sidney: University of New South Wales.

Krathwohl, D.R., bloom, B.S., and Maria, B.B. (1973). Taxonomy of educational objectives, the classification of educational goals. Handbook II: Affective Domain. New York: David Mckay Co., Ine.

McKenna, M. 2002 Help for struggling readers: strategies for grades 3-8. New York: The Guilford Press.

Mc. Neil J. D. 1992. Reading Comprehension. New Direction for Classroom Practice (3rd ed). Los Angeles: Harper Collons Publisher

Nunan, David. 1999. Second Language Teaching and learning. Boston: Heile and Heinle

Publisher

Reutzel, Ray D. & Robert B. Cooter, Jr. 1992. Teaching Children to Read: From Basals to Books. New York: Macmillan Publishing Co.

Richards, Jack C & Theodore S. Rodgers. 2001. Approaches and Strategys in Language Teaching. UK: Cambridge University Press

Riley. D. (2006). The Effect of Directed Reading Thinking Activity on low reading Achievement First Grade Students. Dissertation International Abstracts.32 (4) ,259- 262.

Simpson E. J. (1972). The Classification of Educational Objectives in the Psychomotor

Domain. Washington, DC: Gryphon House.

Skehan, P. (1991). Individula differences in Second Language Learning. Studies in Second Language Acquisition, 13, 275-298

Stahl, Dougherty K.A. (2004). Proof practice and promise: Comprehension strategy instruction in the primary grades. The Reading Teacher Journal, 57(5), 598-609.

Vockell, Edward. 1983. Educational Research. An introduction. New York: Longman

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Ginting, W. ., Tambusai , A. ., & Amin , T. S. . (2023). THE DEVELOPMENT OF READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT BASED ON TEACHING STRATEGIES FOR GRADE X STUDENTS OF SMK ESA PRAKARSA LANGKAT . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 98–104. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17684