DEVELOPING SPEAKING SKILLS MATERIALS BASED ON PODCAST AS A TEACHING MEDIA FOR GRADE VIII STUDENTS OF SMP N 2 PADANG BOLAK

Authors

  • Siti Hajar Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ahmad Laut Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17682

Keywords:

Mengambangkan Materi Berbicara, Media Podcast, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi keterampilan berbicara berbasis podcast sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Padang Bolak. Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan podcast sebagai media pengajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pendekatan penelitian yang mengkaji upaya untuk menghasilkan strategi pengajaran membaca. Oleh karena itu, dalam merancang model, peneliti menggunakan pendekatan Research and Development dengan mengadaptasi Model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Padang Bolak kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022. Subyek ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dan hasil kuantitatif diperoleh dari ahli validasi angket, review ahli materi dan ahli media pengajaran. Data dari uji coba lapangan diperoleh dari komentar atau tanggapan, hasil angket dan hasil tes. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara administrasi dan penyebaran angket kepada 20 responden untuk mengetahui kebutuhan siswa. Maksud dari angket yang berkaitan dengan kesesuaian materi adalah . nilai rata-rata termasuk dalam kategori “Sangat Baik” karena berada pada interval 3,25 < x < 4. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan bacaan tersebut sesuai untuk siswa kelas VIII SMP. Peneliti menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa berdasarkan podcast sebagai media pengajaran dan tes dilakukan dua kali; pre-test dan post-test. Kemudian, t-test digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari data di atas adalah nilai t-test lebih tinggi dari t tabel (8,7 > 1,734) pada taraf signifikansi 0,05 for one tailed dan derajat kebebasan (df) = 20-2 = 18. Artinya materi pembelajaran berbicara berdasarkan Podcast berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa.

References

Arikunto, Suharsini. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta : Bumi Aksara, 2009), p.245

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Brown, G and George Y. 1983. Teaching the Spoken Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Dudeney, G. & N. Hockly. (2008). How to Teach English with Technology. Pearson-

Longman.

Eliyasun., Eni R and Urai Salam. 2018. Improving Students’ Speaking Ability Through Guided Questions. In Journal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 7 (1): 1-8. Available: www.journal.um.ac.id (November, 19th 2018).

Gall, M, D., Gall, J. P., & Borg, W. R. Educational Research an Introduction, p.775-776

Haryudin, Acep and Siti A J. 2018. Teacher’s Difficulties in Teaching Speaking Using Audio Visual AID for Autistic Students. In ELTIN Journal.

Kavaliauskien?, G. (2008). Podcasting: A Tool for Improving Listening Skills, Teaching English with Technology, 8(4).

Kayi, H. 2006. Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in a Second Language. University of Nevada, USA.

Marshall, J. M. (2002). Learning with technology: Evidence that technology can, and does, support learning. California: Cable in the Classroom.

Mohammadzadeh, B. (2010). Podcasts: Teacher and Student Friendly Technology in Language Teaching and Learning, New Trends in Education and Their Implications, 1193-1198.

Panday, P. Parashar. 2009. Simplifying Podcasting. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 2009, Volume 20, Number 2, pp. 251-261.

Revell, J. 1994. Teaching Techniques for Communicating English.London: Machmillan.

Riddel, D. 2001. Teach English as a Second Language, Chicago McGraw-Hill

Rosell-Aguilar, F. (2015). Podcasting as a language teaching and learning tool, Case Studies in Good Practice. 10(3), 31–39.

Samad, I.A. (2016). Improving Students’ Competence in the Thesis Defence Examinationin Two Universities in Aceh, Indonesia. Unpublished Doctoral Dissertation. University of New England: Armidale.

Sloan, S. (2005). Podcasting: An Exciting New Technology for Higher Education. Paper presented at CATS 2005: March 25, 2005.

Sudjana, Nana & A. Rivai. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Samad, I.A & Fitriani, S.S (2016). English proficiency: A challenge and an opportunity in facing ASEAN Economic Community. Proceeding of Annual International

Conference, Syiah Kuala University, 5-6 October. Banda Aceh: University Press

Upadhyay,M, (2017). The Utility of Media in Education. Journal of Content, Community & Communication, Vol 5.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Harahap, S. H. ., & Hasibuan, A. L. . (2023). DEVELOPING SPEAKING SKILLS MATERIALS BASED ON PODCAST AS A TEACHING MEDIA FOR GRADE VIII STUDENTS OF SMP N 2 PADANG BOLAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 91–97. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17682