PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DISABILITAS TUNARUNGU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB) KALIWUNGU KUDUS

Authors

  • Ahmad Nilnal Munachifdlil Ula Universitas Muria Kudus
  • Mufida Fatimatuz Zahro Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17585

Keywords:

PAI, Tunarungu, SMPLB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa tunarungu di SMPLB Kaliwungu Kudus dan faktor penghambat serta pendukung dalam pembelajaran PAI bagi siswa tunarungu di SMPLB Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model penelitian lapangan deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru dan siswa, yang dilakukan selama 1 bulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknis. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu, 1) pembelajaran PAI terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran berupa metode membaca bibir (gerakan bibir) dan metode bahasa isyarat, dan evaluasi. 2) faktor penghambat pembelajaran yaitu sarana dan prasarana yang belum terpenuhi, kurangnya pengajar, kurangnya lulusan guru yang sesuai dengan bidang akademik SLB dan kondisi latar belakang ekonomi siswa, serta jarak yang ditempuh siswa dari lingkungan sekolah. Faktor pendukung meliputi dukungan materi dan non materil dari orang tua siswa, dukungan dari pemerintah dan kerjasama yang baik antara dewan guru dan warga sekolah lainnya.

References

Azhari, Devi Syukri, and Usman Usman. 2022. “Etika Profesi Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 5(1): 6–13.

J. David Smith. 2013. Sekolah Inklusif Konsep Dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Nuansa Cendekia.

M. Ramdhan. 2021. Metode Penelitian. Jakarta: Cipta Media Nusantara.

Mohammad Takdir Ilahi. 2013. Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Mudjito, dkk. 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media.

Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, Rio. 2022. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Burhanuddin Kuntu Darussalam Di Masa Pendemi Covid-19.” 5(2): 165.

Sigit Hermawan, S. E., & Amirullah, S. E. 2021. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Ula, A. N. M., & Zahro, M. F. . (2023). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DISABILITAS TUNARUNGU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB) KALIWUNGU KUDUS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 173–177. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17585