PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KUMETASUM UNTUK MENGENALKAN METAMORFOSIS BINATANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Agus Saputra Universitas Dharmas Indonesia
  • Ana Novitasari Universitas Dharmas Indonesia
  • Ukhti Zulfanur Muflihah Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17441

Keywords:

Pengembangan, APE, metamorfosis, binatang, ADDIE.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya alat permainan edukatif dalam mengenalkan metamorfosis binatang terutama binatang kupu-kupu, katak, dan nyamuk yang dari segi ketahanan kurang tahan karena terbuat dari kertas . Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk berupa alat permainan edukatif kumetasum di TK IB 71 Sialang Gaung yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and devlopment) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Anilyze (Analisis), design (perancangan), development (Pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Tahap analisis meliputi analisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis kelayakan produk. Tahap perancangan dilakukan perancangan materi dan rancangan media, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, tahap implementasi dilakukan uji praktikalitas, dan uji efektivitas yang dilakukan di TK IB 71 Sialang Gaung Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, dan tahap evaluasi dilakukan penilaian terhadap hasil tersebut. Hasil penilaian validasi alat permainan edukatif kumetasum pada uji validitas oleh dua orang ahli, ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat valid, uji praktikalitas dengan kategori sangat praktis, dan hasil efektifitas dengan dengan kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif kumetasum dinyatakan valid, praktis, dan efektif.    

References

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

D.m, inggit awanda, Bahtiar, safa’at tri, W.n, citra ayu, N, eka agusdina, Nurjanah, A., Subagia, R., & Haimi, firda nur. (2016). ilmu pengetahuan alam Daur Hidup Hewan Dilingkungan Sekitar (Issue April). http://sipinterdindikcilegon.id/cilegondigitalclass/assets/images/5c58b297b7bc158fa6c538dacc7eb730.pdf

Depdiknas. (2014a). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Depdiknas. (2014b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67.

Engel. (2017). Teori Pengembangan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 11–23.

Friska, S. Y., Sari, A. N., Nanda, D. W., Asmara, D. N., & Prananda, G. (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE), Guna Menunjang Proses PBM TK KB TPA IT Yadiaksa di Masa Pandemic. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(02), 32–37.

Haryati, S. (2012). Research And Development( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.

Hasanah, A. (2020). Pengembangan Instrumen Miskonsepsi Berbasis Google Forms Pada Materi Usaha Dan Energi Menggunakan Four Tier Test. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Iskandar, H., Ismadi, H. D., & Baskoro, D. (2022). Panduan Pemilihan, Pembuatan, Dan Pemanfaatan Ape Secara Mandiri (Arnalis, R. M. Pradana, M. Wahyuni, E. Kurniati, A. Muis, Mirawati, E. Syamsiatin, R. Islamiyah, & R. Justicia (eds.)). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT

Kindangen, K., Paseru, D., & Sumampouw, M. (2020). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality “Metamorfosis Hewan.” Jurnal Realtech, 16, 25–31.

Lado, D. K., & Rosanensi, M. (2020). Sasak?: Desain Visual Dan Komunikasi Media Pembelajaran Pengenalan Metamorfosis Sempurna Dan Sasak?: Desain Visual Dan Komunikasi. 02(1).

prof. dr. Sugiono. (2019). metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&d (27th ed.). ALFABETA,cv.

Rahma, D. (2017). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Al Fikri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 212143.

Rahman, T., Mulyana, E. H., & Wendah, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Tentang Metamorfosis Melalui Media Gambar Seri Di Kelompok B Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24542

Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40

Santoso, M. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Saputra, A. (2019). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 102–113. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.283

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2), 85. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92

Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Tegeh, i made, Jampel, i nyoman, & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan (pertama). graha ilmu.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi?: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wati, S. G., Sari, A. M., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520

Zaman, B. (2007). “Pengembangan Alat Permainan Edukatif di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.”

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Saputra, A., Novitasari, A. ., & Zulfanur Muflihah, U. (2023). PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KUMETASUM UNTUK MENGENALKAN METAMORFOSIS BINATANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 7–12. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17441