PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Muhammad Fendi Aditya Universitas Indraprasta PGRI
  • Rani Novianti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.17244

Keywords:

Pengaruh Google Classroom, Motivasi belajar, Siswa SMA, Mata pelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa SMA pada mata pelajaran Sejarah. Dalam era digital yang semakin berkembang, teknologi pendidikan, termasuk platform e-learning seperti Google Classroom, telah menjadi bagian integral dari proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Namun, pengaruh khusus dari Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa dalam konteks mata pelajaran Sejarah masih perlu diteliti secara lebih mendalam. penelitian ini adalah penelitian kualitatif, khususnya literature review atau penelitian kepustakaan dalam bahasa Inggris. Penelitian kepustakaan merupakan metode yang berharga untuk melakukan penelitian kualitatif karena memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang ada dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana teknologi pendidikan berkontribusi pada motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah. Temuan dari penelitian ini akan membantu memberikan pedoman bagi guru dan sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi Google Classroom untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil akademik mereka dalam mata pelajaran Sejarah.

References

Anis, M. Z. A., Susanto, H., & Fathurrahman, F. (2021). Studi Evaluatif Pembelajaran Sejarah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(1), 60–69.

Kaviza, M. (2020). Kesediaan Guru Sejarah terhadap penggunaan Google Classroom. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(8), 133–139.

Rahma, N. A., Rochayati, M. Y., & Muniri, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Menggunakan Media Google Classroom terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa IAIN Tulungagung. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 195–206.

Sary, Y. N. E. (2018). Buku mata ajar evaluasi pendidikan. Deepublish.

Sriyani, I. (2021). Google classroom sebagai solusi pembelajaran jarak jauh mata pelajaran administrasi umum. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 456–461.

Susanti, S. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 102–106.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar.

Wulandari, R., Rasyad, A., & Suhupawati, S. (n.d.). Pengaruh Metode Three Step Interview terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa MA Al-Islamiyah Bebidas Lombok Timur. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 27–34.

Yulfianti, S. Y., & Dewi, R. M. (2021). Efek Learning Management System Berbasis Google Classroom dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 491–502.

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Aditya, M. F. ., & Novianti, R. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 71–76. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.17244