MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING SISWA KELAS VII SMPN 2 GUNUNGSITOLI UTARA

Authors

  • Noveri Amal Jaya Harefa IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1712

Keywords:

Menyimpulkan isi Teks Laporan Hasil Observasi, Model Pembelajaran Problem Centered Learning

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu kemampuan siswa yang masih kurang dalam menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi. Hal ini dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar masih monoton. Model Problem Centered Learning merupakan pembelajaran yang sangat potensial digunakan supaya permasalahan yang diberikan diselasaikan dalam kolaboratif group. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan siswa menyimpulkan laporan hasil observasi; dan (2) mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti proses. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian yaitu penilaian sikap spritual dan sosial pada siklus I masih predikat cukup, tetapi pada siklus II mencapai predikat baik. Hasil analisis data tes pengetahuan pada siklus I rata-rata nilai = 59,25 (predikat “kurangâ€), Nilai pengetahuan pada siklus II rata-rata = 85,35 (predikat “Sangat Baikâ€). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama = rata-rata 47,21% dan pertemuan kedua 57,53% dan peretemuan ketiga= 63,48% (predikat “kurangâ€), dan siklus II pertemuan pertama= rata-rata 65,86% dan pertemuan kedua rata-rata 73,80% (predikat “cukupâ€) dan pertemuan ketiga= 80,15% predikat baik. Hasil observasi peneliti pada siklus I pertemuan pertama rata-rata 58,82% dan pertemuan kedua rata-rata 70,58% dan pertemuan ketiga= 76,47% predikat kurang, dan pada siklus II pertemuan pertama meningkat rata-rata 82,35% dan pada pertemuan kedua rata-rata 88,23% dan pertemuan ketiga= 94,11%.

Author Biography

Noveri Amal Jaya Harefa, IKIP Gunungsitoli

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP Gunungsitoli

References

Arikunto, S dkk.(2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman, 2014.Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Herdiansyah. H. 2013. Wawancara, observasi dan focus Grup. Jakarta: Rajagrapindo persada.

Kemendikbud. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Tampubolon, DP. 2008. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Instarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Munaf, Yarni. 2010. Rangkuman Pengajaran Keterampilan Membaca. Padang: FPBS UNP.

Klingner, Sharon Vaugh, dkk. 2007. Teaching Reading Comprehension to Student with Learning Difficulties. New York: The Guildford Dress.

Kurniawan. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

Handayani, Y. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK. Skripsi UNPAN. Bandung: Tidak diterbitkan.

Yunaz, Febrisa. 2012. Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Centered Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Skripsi FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

Yulianti, Nurlaela. 2013. Pengaruh Penalaran Pendidikan Problem Centered Learning terhadap Kemampuan Penalaran Induktif Siswa SMP. Skripsi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

Kartono. 1980. Tersedia online. https://haviafotokopi.blogspot.co.id/2015/11/observasi-jenis-jenis-dan-pengertian.html.

Djiwandono, M. Soenardi. 1990. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB Bandung.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Harefa, N. A. J. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING SISWA KELAS VII SMPN 2 GUNUNGSITOLI UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 476–481. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1712