PERBANDINGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA IBU YANG BEKERJA DAN IBU YANG TIDAK BEKERJA DI TK NURUL YAQIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Jelfita Jelfita Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Febrialismanto Febrialismanto Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1666

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, Pola Asuh.

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal dilapangan ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan motorik halus anak dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat ketika sebagian anak belum dapat menyelesaikan tugasnya sesuai arahan dari gurunya, sebagian anak belum mampu berkonsentrasi dalam melakukan tugasnya, sebagian anak belum mampu mengkoordinasikan antara mata dan tangan yang cermat, sebagian anak belum mampu berekreasi dan sebagainya. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Berdasarkan analisis pengolahan data hasil kemampuan motorik halus anak usia 5-6 Tahun yang diasuh oleh ibu yang bekerja di TK Nurul Yaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar diperoleh jumlah nilai 147 dengan rata-rata persentase 49,00% berada pada kriteria mulai berkembang (MB). Dan hasil kemampuan motorik halus anak usia 5-6 Tahun pada ibu yang tidak bekerja di TK Nurul Yaqin Kecamatan Tapung Kabupaten kampardiperoleh jumlah nilai 230 dengan rata-rata persentase 79,67% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan hasil hipotesis dapat diketahui bahwa kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun pada ibu yang tidak bekerja lebih baik dibandingkan ibu yang bekerja di TK Nurul Yaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Author Biographies

Jelfita Jelfita, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Daviq Chairilsyah, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Febrialismanto Febrialismanto, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Achmad Afandi. 2019. Buku Ajar pendidikan dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia. Jawa Timur

Ahmad Susanto. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori).PT Bumi Aksara. Jakarta.

Ahmad Susanto. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Kencana. Jakarta.

Andrea. 2013. Successful Parenting. Mitra Buku. Yogyakarta

Baharis, A.H.S. 2007. Mendidik Anak Laki-Laki. Gema Insani. Jakarta

Carol Seefeldt & Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks. Jakarta

Dadan Suryana. 2016. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana. Jakarta.

Hikmandayani. 2014. Perbedaan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-6 tahun pda Ibu yang Bekerja dan yang Tidak Bekerja di Wilayah RW 39 Sleman Permai II Pengukan Tridadi Sleman Tahun 2014. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta

Kiong M. 2008. Siapa Bilang Ibu Bekerja Tidak Bisa Mendidik Anak Dengan Baik. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Lia Kurniasari dan Shella Karina.2019. Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Dunia Kesmas Volume 8. Nomor 4. Oktober 2019 (Edisi Khusus).

Masganti Sit. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. PT Kharisma Putra Utama. Depok.

Mufidah. 2008. Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender. UIN Malang Press. Malang

Novan Ardy Wiyani. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 137. 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rich A. 2006. Bekerja Dengan Cinta. Cakrawala. Yogyakarta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Downloads

Published

2021-05-03

How to Cite

Jelfita, J., Chairilsyah, D., & Febrialismanto, F. (2021). PERBANDINGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA IBU YANG BEKERJA DAN IBU YANG TIDAK BEKERJA DI TK NURUL YAQIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 19–30. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1666