PENGEMBANGAN MEDIA KOLAM UKUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUKURAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Salindri Wandestari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Enda Puspitasari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Yeni Solfiah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1211

Keywords:

Media Kolam Ukur, Pengukuran AUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media yang layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan pengukuran anak usia 5-6 tahun. Jenis peneltian adalah peneltian & pengembangan (Research & Development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Pada penelitian ini tidak ada uji coba, hanya sampai pada validasi kemudian di revisi. Hal ini dikarenakan adanya pandemi yaitu Covid-19 sehingga peneliti tidak bisa terjun langsung ke lapangan. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata persentase dengan skor 80% dengan kategori layak. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata persentase dengan skor 74% dengan kategori layak. Dan hasil penilaian oleh pendidik mendapatkan rata-rata persentase dengan skor 81.71% dengan kategori sangat layak. Sehingga secara keseluruhan produk media kolam ukur hasil pengembangan dikatakan layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan pengukuran anak usia 5-6 tahun.

Author Biographies

Salindri Wandestari, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Enda Puspitasari, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Yeni Solfiah, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Andang Ismail. 2009. Education Game. Pro-U Media. Yogyakarta.

Charlesworth Rosalind. 2012. Experience in Math For Young Children. Wadsworth. Amerika.

Copley, V Juanita. 2001. The Young Child and Mathematics. National Association for the Education of Young Children. Washington DC.

Dwi Swiswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.

Goenawan Roebyanto. 2014. Geometri, Pengukuran dan Statistika. Gunung Samudera. Malang.

Guslinda dan Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Publishing. Surabaya.

Jacobs, Gera dan Kathy Crowley. 2007. Play, Projects, and Preschool Standards. Corwin Press. California.

Luckrista, E. J. A, dan Komala Sari. 2015. Pengaruh Permainan Kayu Malele Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Anak. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Mukmin, N. 2004. Desain Pembelajaran. Program Pasca Sarjana UNY. Yogyakarta.

Rahayu Yofita Aprianti. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Indeks. Jakarta.

Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistika.CV Alfabeta. Bandung.

Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas. Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfatbeta. Bandung.

Downloads

Published

2020-12-03

How to Cite

Wandestari, S., Puspitasari, E., & Solfiah, Y. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA KOLAM UKUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUKURAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 153–159. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1211

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2