Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui kegitan Kolase dengan Media Kertas pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Darul Yakin Koto Ranah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Darul Yakin Koto Ranah. Keterampilan motorik halus yang diteliti meliputi keterampilan memberi lem pada gambar, menyusun bahan kolase, merekatkan bahan kolase. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian siswa TK Darul Yakin Koto Ranah yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan alat bantu observasi berupa foto. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan kolase dengan media kertas dapat meningkatkan kemammpuan motorik halus anak usia dini. Pada Kriteria BSB ada 3 anak atau 23.07%, BSH ada 5 anak atau sekitar 38.46%, untuk kriteria MB ada 3 anak atau 23%, sdangkan untuk kriteria BB 2 anak sekitar 15.38%. pada siklus II kriteria BSB ada 10 anak sekitar 76.92%, kriteria BSH sejumlah 2 anak atau sebesar 15.38%, kriteria MB ada 1 anak atau 7.69%, sedangkan untuk kriteria BB sudah tidak ada. Anak mampu memberi lem pada gambar, menyusun bahan kolase, merekatkan bahan kolase tanpa bimbingan dari guru.Downloads
Published
2022-11-09
How to Cite
Padilah, N., Zulfah, Z., & Fauziddin, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui kegitan Kolase dengan Media Kertas pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Darul Yakin Koto Ranah. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 3(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/8550
Issue
Section
Articles