Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan Ular Tangga Edukasi di Kelompok A
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnyanya kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun dikelompok A TK Tunas Harapan Tambang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melalui media Permainan Ular Tangga Edukasi. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Kemampuan Motorik Kasar Anak serta untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun melalui Permainan Ular Tangga Edukasi dikelompok A TK Tunas Harapan Tambang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Waktu penelitian ini dilaksanakan dari mei sampai juni 2021. Subjek penelitian anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan penilaian. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan bahwa kemampuan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun total penilaian hanya mencapai 37% dari keseluruhan anak. Perolehan hasil tersebut dikatakan belum berhasil karena belum mencapai skor 80%. Pada siklus I terjadi peningkatan penilaian 74% dari keseluruhan anak. Pada siklus II, total penilaian mencapai 86% dari keseluruhan anak. Dengan perolehan tersebut dikatakan berhasil karena sudah mencapai skor yang diinginkan yakni 80% dalam Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun Pada TK Tunas Harapan tambang dapat ditingkatkan dengan menggunakan media Permainan Ular Tangga Edukasi.Downloads
Published
2022-11-09
How to Cite
Nisa, K., Lesmana Alim, M., & Syahrial, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan Ular Tangga Edukasi di Kelompok A. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 3(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/8549
Issue
Section
Articles