Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek

Authors

  • Gusti Maya Indra sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yolanda Pahrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan sosial anak usi 5-6 Tahun di TK Tunas Harapan Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan penerapan metode proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode proyek dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Harapan Tambang. Untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Harapan Tambang maka akan diterapkan metode proyek. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 15 orang anak, 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian penelitain ini metode Penelitian Tidakan Kelas). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, pada masing-masing siklus terdapat 3 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari kegiatan sebagai berikut: merencanakan/ perencanaan (planning), melaksanakan tindakan (acting), mengamati (observing) dan merefleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan perkembangan sosial anak mulai dari siklus I 48,8% ketika dilakukan pada siklus II menjadi 84,7%. Dengan adanya peningkatan pada persentase pekembangan sosial anak mencapai hingga 84,7% pada kategori berkembang sangat baik maka dapat dikatakan metode proyek dapat meningkatkan perkembangan sosial anak.

Downloads

Published

2022-05-16

How to Cite

Indra sari, G. M., Amalia, R. ., & Pahrul, Y. (2022). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek . Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(2), 30–39. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/4514

Issue

Section

Articles